Pedagang Pasar Rakyat Gosalaha Mulai Sesuaikan Pindah Hari Jumat ke Sabtu

Abadikini.com, TIDORE – Pemindahan pasar besar dari hari Jum’at ke hari Sabtu di Pasar Rakyat Gosalaha, Pasar Rakyat Tugulufa dan Pasar Sarimalaha Kota Tidore Kepulauan mulai disesuaikan oleh para pedagang, terpantau di hari ke 2 bulan Ramadhan Jum’at (24/3/2023) tidak ada lagi aktivitas pasar yang menonjol seperti hari-hari pasar Jum’at sebelumnya.

Sejumlah titik keramaian seperti tempat jualan yang biasanya ramai dan padat merayap disesaki para pedagang dan pembeli, kini terpantau sepi tanpa pedagang. Begitu pula teriminal angkutan umum yang penurunkan serta melayani para pedagang dan penumpang, juga terpantau sepi, hanya sekitar 7 angkot saja yang parkir di terminal untuk antri penumpang.

Terpantau suasana yang sama juga dengan aktivitas bentor yang menurunkan penumpang atau pedagang di sekitar areal pasar sepanjang jalan depan pasar rakyat Gosalaha dan Tugulufa, juga terlihat sepi. Hanya sekitar 20 sampai dengan 30 orang pedagang sayur-sayuran harian yang masih berjualan seperti hari-hari pasar biasa setiap harinya di sekitar emperan, depan serta samping pasar.

Suasana pasar bagian depan hingga jalan, serta bagian dalam terpantau tutup dan sepi. Hanya sekitar 5 sampai 10 orang pedagang harian saja di bagian dalam pasar rakyat gosalaha yang berjualan. Khusus lokasi pasar yang biasanya dipadati para pedagang dari Jailolo, terpantau kosong tanpa pedagang.

Demikian juga dengan lokasi penjualan pakaian di samping pasar Sarimalaha berhadapan dengan Pelabuhan Goto Sarimalaha juga sepi, baru sekitar jam 09.00. Wit terlihat beberapa pedagang membuka jualannya. Hingga pukul 12 30. Wit atau menjelang shalat jumat,  suasana aktivitas jual beli sepanjang jalan depan maupun samping pasar Rakyat Gosalaha dan Pasar Rakyat Tugulufa hingga searah pasar Sarimalaha, yang biasanya masih ramai, terlihat sepi.

Hanya terpantau sekitar enam orang pedagang emak-emak yang terlihat di sisi kiri Pasar Rakyat Tugulufa yang masih menunggui jualan sayur-mayur tanpa pembeli, itupun di saat mulai terdengar adzan Jumat di masjid dekat pasar, mereka bergegas masuk di bagian dalam pasar.

Turut memantau langsung pemindahan hari besar pasar Jumat pertama di bulan Ramadhan ini, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taher Husain dan Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Yakub Husain.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker