Jamkrindo Beri Pelatihan untuk Tingkatkan Reputasi Bisnis UMKM

Abadikini.com, JAKARTA – Ekosistem digital sangat dibutuhkan di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), untuk meningkatkan reputasi bisnis. Dengan meningkatnya kapasitas pelaku usaha UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital, akan dapat mendukung percepatan pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia.

PT Jamkrindo, sebagai pionir penjaminan kredit di Indonesia menyelenggarakan kegiatan pelatihan coaching clinic “Pemanfaatan Media Digital Dalam Membangun Reputasi UMKM pada Selasa, 21 Maret 2023. Materi yang diberikan meliputi strategi digital marketing di platform digital dan pentingnya copywriting untuk membangun brand awareness. Dengan pemateri antara lain Founder Krea Collective Marcella Eteng dan Media Strategist Penakita Fatma Kumala.

Sekretaris Perusahaan  PT Jamkrindo, Dody Novarianto mengatakan, Jamkrindo tidak hanya menyiapkan ekosistem digitalnya saja kepada UMKM binaannya, Jamkrindo juga melakukan pendampingan dengan menggelar pelatihan bagi UMKM untuk memanfaatkan media digital sebagai sarana membangun reputasi bisnis.

Melalui pelatihan  yang dilaksanakan pada Selasa, 21 Maret 2023 secara virtual, Dody mengatakan bahwa perkembangan teknologi dan media digital memungkinkan UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan pangsa pasar mereka secara signifikan.

“Melalui pelatihan ini, kami berharap UMKM dapat memanfaatkan media digital seperti website, sosial media, dan platform digital lainnya untuk meningkatkan kredibilitas dan reputasi bisnis mereka di mata konsumen,” ujarnya.

Pelatihan tersebut melibatkan seluruh UMKM binaan Jamkrindo yang tersebar di wilayah Indonesia. Adapun tema yang diangkat dari kegiatan ini yaitu Pemanfaatan Media Digital Dalam Membangun Reputasi UMKM.

“Kami berharap pelatihan ini memberikan manfaat dan pemahaman yang baik bagi UMKM dalam memanfaatkan media digital sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka,” ujar Dody.

Tak hanya itu, Jamkrindo juga berencana untuk terus memberikan pelatihan-pelatihan serupa di masa depan dengan tema-tema yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan UMKM.  Jamkrindo juga berkolaborasi dengan multipihak untuk membangun ekosistem digital yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan reputasi bisnisnya, salah satunya dengan Penakita melalui platform Mitme yang dapat menjadi solusi bagi UMKM meningkatkan reputasi di media online.

“Melalui kegiatan coaching clinic ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital sehingga dapat mendukung percepatan pertumbuhan sektor UMKM,” ujar Dody.

Strategist Penakita Fatma Kumala menyebutkan dalam era digital seperti sekarang, keberadaan UMKM di media pemberitaan online sangat penting untuk memperluas pasar dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, UMKM perlu membangun reputasi yang baik di media pemberitaan online agar lebih berkembang dan sukses.

“Reputasi yang baik dapat menambah kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh UMKM. Hal ini menjadi sangat penting terutama dalam era digital, di mana informasi mudah diperoleh melalui internet,” katanya.

Hanya saja, lanjut Mala, keberadaan media online saat ini masih sulit dijangkau oleh UMKM karena keterbatasan biaya. Berangkat dari permasalahan tersebut, Mala mengajak UMKM untuk mencoba bergabung dengan aplikasi digital, di mana aplikasi ini akan membantu UMKM dalam mempublikasikan informasi produk melalui media.

“Penakita memiliki platform Mitme.id yang menjadi solusi atas UMKM yang selama ini memiliki keterbatasan akses dan biaya dalam menjangkau media yang terpercaya dalam mensosialisasikan produk maupun kegiatan usaha kecil,” katanya.

Dikesempatan yang sama, Founder Krea Collective Marcella Eteng dalam pemaparannya menyebutkan bahwa, Belajar teknik copywriting di zaman serba digital seperti sekarang ini penting, termasuk bagi para pelaku UMKM. Dengan kemampuan copywriting, setiap pelaku usaha dapat mempromosikan produk atau layanannya secara persuasif kepada target pasar dan pelanggannya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker