Hukum Gosok Gigi Dalam Islam Saat Berpuasa

Abadikini.com, JAKARTA – Gosok gigi saat puasa apakah boleh dalam Islam? Pasta gigi yang mengenai area mulut membuat kita sebagai Muslim kerap mempertanyakan hukum sikat gigi saat berpuasa.

Beberapa orang berpendapat bahwa gosok gigi saat puasa dapat membuat puasa menjadi makruh. Namun, bagaimana hukum sikat gigi dalam Islam yang sesungguhnya? Jika memang gosok gigi saat puasa tidak diperbolehkan, kapan ya batas gosok gigi saat akan menjalankan puasa?

Nah, melalui tulisan ini akan InsertLive rangkum bagaimana hukum sikat gigi saat puasa dalam Islam selengkapnya. Yuk, simak!

Melansir insert live Kamis (23/3/2023) berikut hukum gosok gigi saat puasa dalam Islam

Kapan Batas Gosok Gigi saat Puasa?

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan bahwa gosok gigi saat puasa yang dilakukan setelah memasuki waktu dzuhur bisa menghilangkan pahala puasa.

Jadi, batas gosok gigi saat puasa adalah sebelum dzuhur. Jika sikat gigi sebelum memasuki waktu dzuhur hukumnya makruh.

Hukum gosok Gigi saat Puasa dalam Islam

Gosok gigi saat puasa dalam Islam hukumnya diperbolehkan jika dilakukan sebelum memasuki waktu dzuhur. Sikat gigi saat puasa yang dilakukan setelah memasuki waktu dzuhur hukumnya makruh, yang berarti tidak diperbolehkan.

Hukum makruh untuk gosok gigi saat puasa setelah masuk waktu dzuhur artinya adalah tidak disukai Allah Swt. atau tidak dianjurkan untuk dilakukan, tetapi tidak akan mendapatkan dosa saat melakukannya.

Lalu, jika air tertelan ketika gosok gigi saat puasa maka puasa menjadi batal. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari sikat gigi saat puasa setelah masuk waktu dzuhur.

Hukum Gosok Gigi saat Puasa Menurut Imam Syafii

Hukum gosok gigi saat puasa menurut Imam Syafii adalah makruh jika dilakukan setelah memasuki waktu dzuhur. Madzhab Hambali juga sejalan dengan hukum sikat gigi saat puasa ini.

Meninggalkan sesuatu yang makruh akan membuat kita mendapatkan pahala dan tidak akan membuat kita mendapatkan dosa. Meski kamu lupa dan gosok gigi saat puasa setelah memasuki waktu dzuhur, kamu tidak akan mendapatkan dosa.

Tips Hilangkan Bau Mulut saat Puasa Ramadhan

Tidak gosok gigi saat puasa Ramadhan pasti membuat kita khawatir akan bau mulut saat beraktivitas sepanjang hari. Nah, ada beberapa tips nih untuk menghilangkan bau mulut karena tidak gosok gigi saat puasa.

Berikut ini adalah sejumlah tips hilangkan bau mulut.

  • Karena tidak sikat gigi saat puasa, lebih baik sikat gigi saat setelah sahur dan setelah berbuka puasa,
  • Karena tidak bisa sikat gigi saat puasa, jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa mengundang bau mulut saat puasa.
  • Menggunakan obat kumur saat sahur dan setelah berbuka puasa. Menggunakan obat kumur sebagai pengganti sikat gigi saat puasa boleh dilakukan sebelum dzuhur tetapi jangan sampai tertelan.
  • Jangan mengonsumsi soda saat sahur maupun berbuka puasa, karena dapat mengundang gas yang memproduksi bau mulut.
  • Perbanyak mengonsumsi air mineral.

Melalui tulisan ini, kita jadi tahu bagaimana hukum gosok gigi saat puasa. Sikat gigi saat puasa diperbolehkan jika dilakukan sebelum dzuhur, tetapi hukumnya menjadi makruh jika dilakukan setelah dzuhur.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari bahwa, “Bau mulut orang yang puasa lebih harum di sisi Allah dari aroma kesturi.”, maka tidak perlu khawatir jika kamu tidak sikat gigi saat puasa. Karena bau mulut saat puasa ternyata lebih harum dari aroma kasturi di hadapan Allah Swt.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker