Erdogan Siap Lindungi Sumber Daya Air Turkiye

Abadikini.com, ANKARA – Pemerintah Turkiye berjanji untuk terus melindungi sumber daya airnya yang disebutnya sebagai aset paling strategis di abad mendatang.

Pesan itu disampaikan Presiden Recep Tayyip Erdogan lewat cuitan di akun Twitter dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, Rabu (22/3).

“Kami akan terus bekerja keras untuk melindungi sumber daya air kami, aset paling strategis di abad mendatang,” kata Erdogan, seperti dikutip dari Daily Sabah, Kamis (23/3/2023).

Ibu Negara Emine Erdogan dalam pesannya juga mengatakan bahwa Turkiye menghadapi dampak perubahan iklim dan konsekuensi yang menyakitkan seperti semua negara lain.

“Setiap bencana yang kami alami, sayangnya, mengingatkan kami akan nilai dan pentingnya air, sumber kehidupan kami,” tulisnya di Twitter.

“Saya yakin kita akan melanjutkan perjuangan kita melawan perubahan iklim lebih kuat dari kemarin,” tambahnya, menekankan perlunya melindungi dan melestarikan alam untuk generasi mendatang.

Temperatur di atas norma musiman dan penurunan jumlah hari hujan di Turkiye telah berdampak negatif terhadap tingkat hunian bendungan di negara tersebut. Pejabat negara itu juga sudah memperingatkan kemungkinan terjadinya kekeringan.

Diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Maret sejak 1993, peringatan hari air berfokus pada pentingnya meningkatkan kesadaran tentang 2,2 miliar orang yang hidup tanpa akses ke air bersih, dan perlunya tindakan untuk mengatasi krisis air global. 

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker