Ari Lasso Ungkap Sejarah Berdirinya Band Dewa 19

Abadikini.com, JAKARTA – Dewa 19 merupakan sebuah band ternama di Indonesia yang sudah melegenda. Banyaknya peminat band yang digagas oleh Ahmad Dhani ini, membuat mereka kembali hadir dan membentuk Dewa 19 Reunion.

Melalui akun Instagram pribadinya, Ari Lasso yang merupakan vokalis Dewa 19 Reunion tampak menceritakan awal mula nama tersebut terbentuk. Ia bahkan sempat menceritakan jatuh bangunnya Dewa 19 yang sudah ia anggap seperti keluarga itu.

Melansir okezone Minggu (19/3/2023) pelantun Rahasia Perempuan itu bahkan menyebut jika Dewa 19 Reunion muncul usai dirinya menggelar konser tunggal pada 2013 di JCC, pasca Dewa 19 vakum.

“Untuk pertama kali ‘atas nama persahabatan’ saya kumpulkan lagi mereka hingga Wawan, dan (alm. Erwin Prast). Sebuah momen yang sangat memorable. Kemudian mulailah kami (Agung dan Yuke) memulai konsep ‘Dewa19 Reunion’,” tulis Ari Lasso dikutip dari Instagram pribadinya, Minggu (19/3).

Dengan bayaran seadanya, Dewa 19 Reunion tampil 6 sampai 8 kali dalam setahun. Kala itu mereka menerima saja tawaran untuk manggung di festival musik, gathering hingga wedding.

Biasanya Dewa 19 Reunion tampil dengan Ari Lasso sebagai vokalis dan Agung sebagai additional drummer. Posisi lain tetap diisi oleh Andra (gitar), Yuke (bas gitar), dan Dhani (keyboard/synthesizer).

“Dan tampil yah 6-8 kali setahun yang salah satunya adalah beberapa kali headliner di Soundrenaline. Kami tampil di beberapa acara internal, gathering, pensi, bahkan wedding,” beber Ari Lasso.

Tahun demi tahun berlalu, akhirnya Once mulai ikut dan bergabung dalam konsep Dewa 19 Reunion pada 2016. Ketika itu cobaan bertubi-tubi mulai menghantam mereka.

Mulai dari Ahmad Dhani yang ditahan polisi, pandemi hingga Ari Lasso yang dinyatakan sakit dan harus menjalani perawatan.

“Bhlaaarr cobaan bertubi, @ahmaddhaniofficial harus ditahan, dan kemudian pandemic, Dewa bahkan memaksa diri, beberapa kali bikin streaming konser dengan saya dengan fee yan sungguh ala kadarnya. Sekedar untuk niat tetap menjalin silaturahmi dengan Baladewa,” kenangnya.

“Dan bhlaarr lagi… saya tumbang karena sakit panjang. Lantas, pandemi mulai berlalu dan Dewa memulai konsep 30 tahun tour, dan di saat yg sama saya mulai sembuh,” tambahnya.

Jatuh bangunnya band yang melantunkan Separuh Nafas itu membuat Ari Lasso merasa jika Dewa 19 bukan hanya sekedar grup musik semata. 30 tahun berbagi suka duka, tangis tawa semua terekam jelas dalam ingatan Ari Lasso.

“Buat saya DEWA19 bukan sekedar band, tapi mereka adalah, sahabat, saudara dalam suka dan duka. 30 tahun bukan waktu yg pendek, di dalamnya ada tangis tawa jatuh bangun,” tandasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker