PSSI Pastikan Proses Naturalisasi Pemain Timnas U-20 terus Berjalan

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan proses naturalisasi pemain Timnas U-20 Indonesia yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 di Tanah Air terus berjalan sesuai tahapan dan saat ini surat permohonan naturalisasi itu sudah sampai di Presiden Joko Widodo.

“Naturalisasi clear. Suratnya sudah kita kirim dan Pak Presiden Joko Widodo sudah buat tembusan ke DPR. Tapi saat ini DPR tengah menjalani masa reses dan rencananya tanggal 13 Maret semua berkas akan didorong ke DPR,” kata Erick Thohir di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Jumat (10/3/2023).

Ada tiga pemain U-20 keturunan yang diajukan oleh pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk di naturalisasi yakni Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Semua pemain tersebut merupakan kelahiran Belanda.

Mengutip Antara, saat ini, Justin Hubner membela Wolverhampton Wanderers U-21 di Inggris. Ivar Jenner bermain untuk Jong Utrecht di Belanda, sedangkan Rafael Struick saat ini memperkuat ADO Den Haag di Belanda.

Sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, Indonesia dipastikan tidak ingin numpang lewat. Untuk itu dibutuhkan pemain mumpuni untuk turun di kejuaraan dua tahunan bergengsi yang diprakarsai FIFA tersebut.

Tim besutan Shin Tae-yong itu saat ini telah berproses dan baru saja mengikuti Piala Asia U-20 di Uzbekistan. Hanya saja langkah Hokky Caraka dan kawan-kawan harus terhenti di babak penyisihan setelah hanya mengumpulkan empat poin dari empat pertandingan.

Masuknya tiga pemain naturalisasi jelas diharapkan mampu mendongkrak performa timnas muda pada Piala Dunia U-20. Apalagi ketiga pemain keturunan tersebut sebelumnya pernah bergabung dalam latihan bersama.

Piala Dunia U-20, bergulir 20 Mei hingga 11 Juni dan bakal digelar di enam stadion yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker