Virus Covid-19 Didanai AS, Viral di Cina

Abadikini.com, JAKARTA – Direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) era Pemerintahan Donald Trump, Robert Redfield, menuding mantan rekannya, Anthony Fauci, dan mantan Direktur Institut Kesehatan Nasional Francis Collins membekukannya dari diskusi tentang asal-usul Covid-19.

Pendapat Redfield menyulutkan klaim Partai Republik yang menyebut Fauci, pada awal 2020 mengalihkan perhatian dari penelitian yang disponsori Amerika Serikat di Institut Virologi Wuhan Cina. Caranya dengan mempromosikan pandangan hewan yang terinfeksi menyebarkan virus ke manusia.

“Diberitahukan kepada saya bahwa mereka menginginkan satu narasi dan kemudian saya jelas memiliki sudut pandang yang berbeda,” kata Redfield pada Rabu, (8/3/ 2023) waktu setempat dalam sidang di Subkomite Pengawasan dan Pertanggungjawaban DPR Amerika Serikat tentang Pandemi Coronavirus.

Redfield mengatakan Fauci, yang memimpin Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular pada saat itu, dan Collins, mengabaikannya. karena Redfield menduga virus corona bocor dari laboratorium Cina.

Fauci, yang tidak hadir dalam persidangan, membantah tuduhan Redfield. “Tidak ada yang mengecualikan siapa pun,” katanya kepada Politico setelah sidang.

Menurut Fauci, banyak pendapat berbeda. Ada beberapa orang juga yang meneleponnya berpendapat bahwa itu mungkin virus rekayasa. Saat ini Fauci telah pensiun dari jabatan pemerintahannya di akhir tahun lalu.

Sementara, Collins belum menyampaikan komentar apapun. Dia kini menjadi penasihat sains Presiden Joe Biden. Sebelumnya dia memiliki pandangan yang sama dengan Fauci bahwa virus itu kemungkinan besar berasal dari alam, tetapi kebocoran laboratorium mungkin terjadi.

Redfield berpendapat sifat virus yang sangat menular membedakannya dari virus corona lain. Kepada anggota DPR, dia menyebut, itu membuatnya tidak mungkin berevolusi secara alami.

Fauci dan yang lainnya mengatakan kemungkinan besar itu berasal dari limpahan alami dari hewan, seperti halnya dengan virus corona lainnya, seperti SARS dan MERS, kata Redfield.

Mantan direktur CDC mengatakan dia kemudian mengetahui bahwa dia dikeluarkan dari panggilan konferensi 1 Februari 2020 dengan Fauci dan Jeremy Farrar, seorang ilmuwan Inggris yang pada saat itu memimpin Wellcome Trust.

Percakapan lain yang menghasilkan publikasi sebuah artikel di Nature pada Maret 2020 menepis kemungkinan virus itu berasal dari laboratorium. Farrar sekarang adalah ilmuwan top Badan Kesehatan Dunia (WHO). Fauci mengatakan kepada Politico bahwa dia tidak terlibat dalam penyusunan artikel tersebut.

Tetapi perwakilan Republik di persidangan menuduh Fauci mengaturnya untuk mengalihkan perhatian dari penelitian pendanaan Amerika Serikat di laboratorium Wuhan.

“Saya pikir Dr. Fauci dan Dr. Collins tertangkap tangan. Mereka tertangkap menutupi kebocoran virus di laboratorium Cina yang tidak aman, ”kata James Comer (R-Ky.), Ketua Komite Pengawasan dan Akuntabilitas DPR.

Fauci telah berulang kali menyangkal bahwa NIH mendanai apa yang disebut penelitian peningkatan fungsi di laboratorium Wuhan. Penelitian itu bertujuan untuk membuat virus lebih mematikan atau lebih mudah menular atau keduanya untuk menemukan cara memeranginya.

Beberapa perwakilan Demokrat di persidangan memperingatkan bahwa menuduh Fauci dengan motif buruk akan semakin mengikis kepercayaan pada pejabat kesehatan pemerintah, mengancam kesehatan masyarakat.

“Saya ingin faktanya, tetapi saya berharap dan mengatakan kepada rekan-rekan saya di sisi lain: Kita tidak dapat mengambil jalan yang berbahaya dengan mendorong konspirasi yang tidak berdasar tentang Dr. Fauci dan pejabat kesehatan masyarakat karir lama lainnya,” kata Debbie Dingell.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker