Ali Ibrahim Membukan Forum Perangkat Daerah RKPD Kota Tidore

Abadikini.com, TIDORE – Forum Perangkat Daerah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024 dengan tema, “Pengembangan Infrastruktur Pusat Pertumbuhan Ekonomi yang Mendukung Sektor Unggulan,” resmi dibuka oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Kamis (9/3/2023).

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan tersebut mengatakan, Forum Perangkat Daerah diselenggarakan dalam rangka penyelarasan rancangan Renja Organisasi Perangkat Daerah dengan usulan program/kegiatan yang dihasilkan dari Musrenbang Kelurahan dan Kecamatan, serta usulan pokir dan reses anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan untuk Penyusunan RKPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024.

Agar tercipta singkronisasi program/kegiatan antar pihak dalam upaya peningkatan kualitas kegiatan yang lebih baik berdasarkan fungsi pelayanan yang dilaksanakan oleh setiap Perangkat Daerah dengan mengakomodir keinginan masyarakat.

“Untuk itu, perlu saya tekankan kepada Seluruh pimpinan Perangkat Daerah agar menggunakan kesempatan ini dengan sebaik mungkin sebagai media konstruktif dan strategis dalam sistem perencanaan daerah dan dalam rangka peningkatan keberhasilan pembangunan Kota Tidore Kepulauan ke depan, terutama untuk kelanjutan dan kelangsungan pembangunan daerah sesuai dengan visi dan misi pembangunan Kota Tidore Kepulauan yang tertuang dalam RPJMD tahun 2021-2026,” Tutur Ali Ibrahim.

Lebih anjut, Ali Ibrahim mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah, salah satunya: Tema RKPD tahun 2024 adalah “Pengembangan Infrastruktur Pusat Pertumbuhan Ekonomi Yang Mendukung Sektor Unggulan”, dengan berkomitmen bahwa semua rumusan dan keselarasan renja perangkat daerah dengan hasil Musrenbang Kelurahan dan Kecamatan serta pokir anggota DPRD dan dokumen perencanaan lainnya tidak keluar dari sasaran tema tersebut, dipertajam pada Musrenbang tingkat kota dan menyesuaikannya dengan visi dan misi pembangunan Kota Tidore Kepulauan tahun 2021-2026.

Selain itu, merujuk pada RKP 2024 yang pertama adalah pengurangan kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrem, peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, revitalisasi industri dan penguatan riset terapan, penguatan daya saing usaha, pembangunan rendah karbon dan transisi energi, percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan konektivitas, percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara, dan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Maka Pemerintah Kota Tidore Kepulauan akan mendukung program Nasional antara lain pengurangan angka kemiskinan ekstrim dan penurunan Stunting yang telah dicanangkan pada Apel Gabungan Siaga Stunting Tanggal 3 Maret tahun 2023, bahwa pada tahun 2024 Kota Tidore Kepulauan Zero Stunting, olehnya itu saya harapkan kepada para staf ahli, para asisten, kepala-kepala OPD, Camat, eselon III serta Utusan dari Kecamatan agar serius dalam mengikuti diskusi untuk membahas dan menentukan arah kebijakan, Isu Strategis serta program dan Kegiatan di tahun 2024, serta penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2024 agar lebih terarah, terukur dan akuntabel, serta menjawab isu-isu strategis yang ada,”Imbuh Ali Ibrahim.

Sementara Kepala Bappelitbang Kota Tidore Kepulauan, Abdul Rasyid Fabanyo dalam laporannya mengatakan, Esensi dari pelaksanaan Forum Lintas Perangkat Daerah adalah dalam rangka penyelarasan rancangan renja Organisasi Perangkat Daerah dengan usulan program/kegiatan yang dihasilkan dari Musrenbang Kecamatan. Waktu dan Tempat Kegiatan ini dilaksanakan selama Dua hari, yaitu pada hari Kamis, tanggal 09 sampai hari Jumat tanggal 10 bulan Maret tahun 2023, bertempat di Aula Sultan Nuku, Kantor Walikota Tidore Kepulauan.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 150 Orang yang terdiri dari, Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekda, Seluruh Pimpinan OPD, dan Camat se-Kota Tidore Kepulauan dan Utusan dari Desa/kelurahan. Sementara itu dapatr dilaporkan, total Proyek strategis sebanyak 56 proyek, pada tahun 2022 yang sudah terealisasi sebanyak 25 proyek atau 44,6% untuk tahun 2023 belum ada yang terealisasi.

“Perlu kami laporkan juga bahwa saat ini kami menerapkan sistem desk dalam Forum Perangkat Daerah yang di bagi atas 2 (Dua) desk yaitu : Desk Tematik, yakni Pembahasan klaster komoditas unggulan yang paling prioritas – Pembahasan klaster pendukung Kawasan meliputi sarana prasarana, SDM, Kelembagaan ekonomi dil – Pembahasan Proyek Strategis – Pembahasan Kalender Event dan Desk Reguler, yakni Pembahasan Sinkronisasi Hasil Musrenbang terhadap Renja OPD, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024 ini juga mendaulat Wakil Rektor IV UNIBRA DR. Husnullah Pangeran sebagai narasumber,” Ucap Abdul Rasyid.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128