Bank OCBC NISP Kolaborasi dengan Singapore Management University Dorong Pengembangan Talenta Muda Indonesia

Kegiatan Summer Camp merupakan kegiatan eksklusif yang dipersembahkan oleh Bank OCBC NISP untuk nasabah Premier Banking

Abadikini.com, JAKARTA – Bank OCBC NISP bekerja sama dengan Singapore Management University (SMU) menghadirkan OCBC NISP Summer Camp Programme. Program ini dirancang secara eksklusif bagi generasi muda di jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mendapatkan pengalaman nyata mengenai dunia perkuliahan dan dunia kerja yang bisa mereka jadikan inspirasi melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Program Summer Camp ini dilaksanakan selama lima hari lamanya, di mana anak-anak muda yang berpartisipasi akan merasakan pengalaman menjadi mahasiswa dengan menghadiri kelas-kelas perkuliahan, kunjungan perusahaan, serta tur universitas.

Sejalan dengan survei dari Data Indonesia, sebanyak 82,1% responden menyampaikan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia ingin anaknya melanjutkan ke jenjang pendidikan sarjana setelah lulus dari SMA atau sederajat. Hal tersebut mendasari bahwa pendidikan tinggi merupakan salah satu cara untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan berdaya saing tinggi. Oleh karena itu, pada masa globalisasi seperti sekarang ini, hal tersebut menjadi tantangan bagi orangtua dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya di masa depan.

Chinni Yanti Tjhin, Retail Proposition Division Head Bank OCBC NISP mengatakan “Sejak 2021, kami telah membangun kemitraan dengan universitas ternama guna mengusung program yang immersive, di mana kami memberikan kesempatan pada para pelajar SMA untuk dapat secara langsung merasakan pengalaman sebagai mahasiswa. Kami melihat bahwa penting bagi siswa-siswi SMA untuk diberikan kesempatan dalam menemukan minat diri sendiri (self-discovery) sebelum menentukan jurusan yang mereka akan pilih. Harapnnya OCBC NISP Summer Camp Programme dapat memberikan inspirasi bagi para pelajar untuk dapat menentukan masa depannya.” kata Chinni Yanti Tjhin dalam keterangan, Rabu (8/3/2023).

Beliau menambahkan bahwa  “Program  OCBC NISP Summer Camp yang bekerja sama dengan Singapore Management University (SMU) merupakan bagian dari layanan solusi non-perbankan (beyond banking services) yang kami berikan untuk nasabah premier. Kami mengerti bahwa setiap nasabah memiliki kebutuhan yang berbeda sesuai dengan fase kehidupan mereka, dan Summer Camp ini merupakan bagian yang kami tawarkan untuk membantu orang tua mendukung anak-anaknya dalam proses self-discovery.”

Bekerja sama dengan Singapore Management University (SMU), kegiatan ini dilandasi dengan semangat dan visi yang sama yaitu dengan memperluas pendidikan dan memperkuat pengembangan pendidikan dan talenta. SMU merupakan sebuah universitas terkemuka di Asia dengan fasilitas penelitian kelas dunia dan metode pengajaran unik yang diakui secara internasional. SMU dikenal akan pendekatan pembelajarannya yang interaktif, kolaboratif, dan berbasis proyek.

Jack Lim, Executive Director of SMU Academy mengatakan “Kami dengan bangga mengumumkan kolaborasi kami dengan OCBC NISP dalam penyelenggaraan Summer Camp exclusive yang pertama. Di SMU Academy, kami percaya dalam membekali generasi muda selanjutnya dengan pengetahuan dan keterampilan yang terkini untuk dapat bersaing dalam dunia yang terus berkembang. Dengan dibukanya Overseas Center SMU di Jakarta, kami dengan senang hati menawarkan kesempatan unik bagi generasi muda Indonesia untuk menjelajahi keragaman dan dinamisme Singapura. Melalui program ini, peserta akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan paparan terhadap industri dan bisnis terkemuka, serta menumbuhkan apresiasi atas budaya dan ekonomi Singapura. Kegiatan immersive luar negeri kami di Singapura merupakan pengalaman transformatif yang tidak hanya memperkaya pemahaman peserta tentang perspektif global, tetapi juga menumbuhkan keterampilan pribadi dan profesional yang akan menjadi bekal di tahun-tahun yang akan datang.”

Kegiatan Summer Camp ini merupakan yang pertama kalinya diadakan di Indonesia bekerja sama dengan Singapore Management University. Bank OCBC NISP merupakan Bank pertama yang berkolaborasi untuk kegiatan non-perbankan yang berfokus pada dunia Pendidikan bagi generasi penerus serta meningkatkan kualitas hidup ke depannya. Kesempatan ini juga bertujuan untuk membangun koneksi dan meningkatkan kemampuan networking mereka sejak dini. Mereka akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan peserta lain dan juga para siswa SMU. Dengan demikian, program yang akan dijalankan dari 10 – 14 Juli 2023 ini memiliki semangat yang berfokus pada kerja sama akademik pengembangan talenta, thought leadership, inovasi, dan kewirausahaan.

OCBC NISP Summer Camp Programme mendorong pertumbuhan pribadi dengan memberikan banyak kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan ide langsung bersama para dosen, profesional di bidangnya, serta menyediakan proyek-proyek bermakna yang membawa dampak nyata bagi masyarakat. Dengan mengikuti berbagai kegiatan selama masa Summer Camp, siswa-siswi dapat merasakan pengalaman menjadi mahasiswa sehingga bisa memberikan aspirasi ingin melanjutkan ke mana jenjang pendidikan selanjutnya. Pengalaman dan materi pembelajaran skala internasional akan dipersiapkan secara khusus, dan para pelajar akan diberikan Sertifikat Resmi setelah menyelesaikan program ini. Selain itu, akan mendapatkan pengalaman mendalam di berbagai industri dengan mengunjungi perusahaan yang sudah mapan (seperti Google, LinkedIn, dll.) dan UKM lokal. Sehingga, mereka akan diperkenalkan sejak dini terhadap inovasi terkini, dunia startup, inkubator bisnis dan ekosistemnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker