Bimbingan Teknis Anggota DPRD Dompu oleh STKIP Bima di Mataram

Abadikini.com, MATARAM – Bimbingan Teknis Anggota DPRD Kabupaten Dompu Provinsi NTB di Hotel Gran Legi Mataram dimulai Tanggal 7 Februari 2023 s.d 11 Februari 2023 sebagai wujud komitmen dalam kemitraan bersama STKIP Bima, Selasa (7/2/2023).

Bimbingan teknis Anggota DPRD Kabupaten Dompu dilaksanakan oleh STKIP Bima di Kota Mataram dihadiri oleh Kepala Badan BPSDM Provinsi  NTB, Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Sekretaris DPRD Kabupaten Para Peserta Bimbingan Teknis Anggota DPRD Kabupaten Dompu berjalan dengan baik.

Pimpinan STKIP Bima Dr. Nasution menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang telah berkenan hadir pada kegiatan Bimtek ini.

Menurut Nasution, Bimbingan Teknis ini bertujuan untuk memperdalam dan mempertajam pemahaman para pimpinan dan anggota DPRD dalam menjalankan fungsi dan tugasnya selaku Anggota DPRD Kabupaten Dompu.

“Dalam bimbingan teknis ini membahas tentang Sistim Pengelolaan Keuangan Daerah; Tata cara Pengembalian Kerugian Negara, Pengaturan akibat hukumnya; Pendalam Tugas, Fungsi  dan  wewenang DPRD dalam Mendukung Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah; Sistim Pemilihan Umum tahun 2024,” kata Nasution dalam keterangan, Rabu (8/2/2023).

Nasution menjelaskan, DPRD sebagaimana tugasnya sebagai lembaga legislatif, memiliki wewenang diantaranya membentuk peraturan daerah kabupaten/kota bersama bupati/walikota.

“Membahas dan memberikan persetujuan rancangan peraturan daerah mengenai anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota yang diajukan oleh bupati/walikota; melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota,” jelasnya.

Melalui forum bimtek ini Nasution mengucapkan selamat mengikuti serangkaian kegiatan, dan diharapkan diperoleh hasil atau tindaklanjut dari Bimbingan Teknis ini secara konkrit dan lengkap.

“Sehingga dapat digunakan sebagai masukan dalam pelaksanaan program kegiatan tahun 2023 dan perumusan program kegiatan tahun 2023-2024 dan bahan pertimbangan untuk perumusan “exit strategy,” harapnya.

“Kegiatan Bimbingan Teknis Nasional Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Dompu yang diselenggarakan di Mataram ini sebagai bentuk komitmen STKIP Bima bersama DPRD Kabupaten Dompu dalam mewujudkan MoU sebagai mitra dalam mewujudkan perubahan Bumi Nggahi Rawi Pahu,” katanya. (amir)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker