Sejumlah Partai Pendukung Pemerintah Ingin di Endorse Jokowi Seperti PBB

Abadikini.com, JAKARTA – Sejumlah partai pendukung pemerintah mulai punya jagoan untuk maju di Pilpres 2024. Yang menarik, parpol-parpol itu ngarep capresnya di-endorse oleh Presiden Jokowi agar elektabilitasnya melejit.

Partai-partai yang ingin capresnya di-endorse Jokowi antara lain PKB dan Gerindra. Hal ini diakui langsung oleh elite partai masing-masing.

Waketum PKB Jazilul Fawaid menyatakan, pencapresan memang bukan urusan Istana. Tapi, di sisi lain, sulit memisahkan Istana dengan politik.

“Istana dan Presiden itu produk politik. Sulit memisahkan Istana dengan urusan politik ataupun pilpres,” kata Jazil dilansir dari Rmol Kamis (2/2/2023).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sepakat jika urusan urusan copras-capres tidak dikaitkan dengan Presiden. Sebab, yang mencalonkan adalah parpol atau gabungan partai yang memenuhi syarat. Namun, ia memandang sah-sah saja jika bakal capres ngarep di-endorse Presiden.

“Kalau memang ada dari capres-capres mengharapkan endorse dari Presiden pada saat ini, itu adalah sah-sah saja. Namun, itu kan sifatnya tidak mengikat, lebih daripada sebagai penguat daripada capres yang akan bertarung nanti,” kata Dasco, kemarin.

Selama ini, Jokowi terbilang sering menyampaikan dukungan secara verbal kepada sejumlah tokoh untuk Pilpres 2024. Namun, dukungan yang disampaikan hanya bersifat moril, bukan praktis.

Yang teranyar, Jokowi menyampaikan dukungannya kepada Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, ketika menghadiri Pembukaan Rakornas dan Musyawarah Dewan Partai PBB, 11 Januari lalu.

“Kalau menyimak apa yang disampaikan Prof Yusril tadi, dengan pengalaman beliau yang sangat panjang, saya mendukung loh, kalau Prof Yusril pada 2024 nanti dicalonkan jadi presiden atau wakil presiden,” ucap Jokowi, ketika itu.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker