Menag Yaqut Kutuk Pembakaran Al Quran di Swedia dan Belanda: Itu Jelas Teror

Abadikini.com, JAKARTA – Aksi pembakaran dan penyobekan mushaf Al Quran di Swedia dan Belanda dikutuk keras oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Menurutnya, tindakan itu bentuk lain dari teror  yang bisa mengancam harmoni umat beragama.

“Itu jelas teror dan tindakan ekstrem yang tidak bisa dibenarkan dan bisa merusak harmoni umat beragama. Saya jelas mengutuk tindakan ekstrem semacam itu,” tegas Menag di Jakarta, Jumat (27/1).

Sosok yang sekarang karib disapa Gus Men ini mengatakan, aksi demonstrasi memang dibenarkan dalam demokrasi. Namun, semua tindakan yang menghinakan simbol keagamaan, apalagi kitab suci, tidak bisa dibenarkan atas alasan apapun. Termasuk alasan kebebasan berekspresi.

“Silakan sampaikan aspirasi dan ekspresi, tapi jangan dengan perbuatan ekstrem, provokatif, apalagi sampai menghinakan simbol-simbol keagamaan dan kitab suci. Itu bisa mengganggu harmoni sosial dan memecah belah umat,” demikian Gus Men.

Aksi pembakaran Al Quran dilakukan oleh Rasmus Paludan, pemimpin partai sayap kanan Stram Kurs di depan Kedutaan Besar Turki di Stockholm, Swedia, Sabtu (21/1). Sehari berikutnya, dalam demonstrasi anti-Turki di Den Haag, Belanda, juga terjadi juga aksi menyobek Al Quran.

Sumber Berita
rmol

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker