Presiden Erdogan: Pemilu Turki Akan Digelar 14 Mei

Abadikini.com, ISTANBUL – Presiden Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Turki akan menggelar pemilihan umum pada 14 Mei, satu bulan lebih cepat dari jadwal.

Pemilu tersebut dianggap menjadi ujian berat bagi kepemimpinannya setelah berkuasa selama dua dasawarsa.

Kantor presiden Turki merilis sebuah video pada Minggu yang menunjukkan bahwa Erdogan mengumumkan tanggal pemilihan dalam pertemuan dengan sekelompok pemilih muda di provinsi barat laut Bursa pada Sabtu (21/1/2023).

“Saya bersyukur pada Tuhan bahwa kami akan berjalan beriringan bersama kalian, para pemuda yang memilih untuk pertama kali, dalam pemilu yang akan digelar pada 14 Mei,” kata Erdogan pada kelompok itu.

Jajak-jajak pendapat menunjukkan bahwa pemilihan parlemen dan presiden akan ketat, dan menjadi ujian terbesar bagi dua dekade kekuasaan Erdogan di Turki, negara anggota NATO dan ekonomi yang berkembang pesat.

Pemilihan presiden dan parlemen Turki dijadwalkan pada 18 Juni, tetapi Erdogan sebelumnya mengisyaratkan bahwa pemilu dapat dipercepat.

Seorang petinggi Partai AK yang mengusungnya pernah mengatakan bahwa pemilihan pada Juni akan berbarengan dengan libur musim panas ketika orang-orang sedang bepergian.

Sumber: Reuters

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker