Masyarakat Nagari Muaro Paneh Tetap Lestarikan Adat Walau Tanpa Dukungan Pemerintah Daerah

Abadikini.com, SOLOK – Masyarakat Adat di Nagari Muaro Paneh Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok tetap melakukan upaya pelestarian adat pada anak nagari setempat. Melalui Group Pidato Adat Sarangkuah Dayuang yang didirikan hari Sabtu, 08 Oktober 2022 lalu, para pegiat adat di Muaro Paneh kini rutin menggelar latihan pidato adat setiap minggunya.

Zufri Datuak Rajo Indo selaku pembimbing group Pidato adat Sarangkuah Dayuang kepada media ini mengatakan bahwa group tersebut sudah memulai langkah-langkah pelestarian adat sejak setahun yang lalu. Selain belajar pidato adat, kata Zufri Datuak Rajo Indo, setiap anak nagari yang hadir dan bergabung di group pidato adat Sarangkuah dayuang akan mempelajari tata cara menyelenggarakan jenazah dan Takziah sesuai kebiasaan masyarakat setempat ketika ada kemalangan menimpa anggota masyarakat. Kemudian, kedepan akan diajarkan pula cara menggunakan Talempong, alat kesenian tradisional yang pemakaiannya tidak pernah alfa ketika ada prosesi adat seperti baralek.

“Kita menginginkan nilai-nilai adat istiadat Minangkabau dan nilai adat salingka nagari bisa tetap tertanam pada setiap generasi sehingga kemudian hari adat ini tetap lestari, tidak tenggelam bersama kemajuan zaman,”ungkap Zufri Datuak Rajo Indo, Senin 23 Januari 2023 di Balai Pinang.

Senada dengan Zufri Datuak Rajo Indo, salah seorang pemuda asal Muaro Paneh yang kini jadi Sumando di Nagari Sungai Nanam yakni Risko Mardianto Datuak Rajo Lelo kepada media ini mengungkapkan apa-apa yang dilakukan oleh masyarakat adat Muaro Paneh dalam melestarikan nilai-nilai adat itu patut di apresiasi.

“Saat ini, upaya pelestarian adat di nagari sudah sangat minim. Berbagai faktor menjadi penyebabnya, antara lain karena kesibukan masing-masing individu membuat waktu untuk belajar nilai-nilai adat menjadi sedikit sekali. Hal inilah yang coba dicarikan solusinya oleh group pidato adat Sarangkuah Dayuang dengan menggelar latihan sekali dalam seminggu, yakni pada setiap Sabtu malam,”ucap Risko Mardianto Datuak Rajo Lelo yang ikut aktif dalam pendirian Group Pidato Adat Sarangkuah Dayuang di Muaro Paneh.

Lebih jauh kata dia, saat ini Group itu bergerak secara swadaya tanpa bantuan pemerintah daerah. Hal itu kata pria yang berprofesi sebagai petani sekaligus advokat itu disebabkan karena group itu belum mengajukan permohonan untuk mendapat dukungan dari dan kepada pemerintah daerah setempat. “Saat ini bergerak masih swadaya, belum ada bantuan dari pemerintah karena kita belum ajukan permohonan, tapi kita yakin nanti pemerintah akan membina group ini kalau kita sudah mengajukan permohonan untuk itu,”demikian dikatakan oleh suami Nofia Delvina, S.Pd tersebut.

Pria lulusan Fakultas Hukum Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok itu juga mengatakan kalau group tersebut menerima siapa saja yang ingin belajar pidato adat di nagari Muaro Paneh. Caranya, calon peserta latihan dapat hadir pada setiap malam Minggu ke Balai Pinang, di kediaman Bapak Zufri Datuak Rajo Indo.

Diketahui, saat ini group pidato adat Sarangkuah Dayuang memiliki sejumlah anggota, antara lain Risko Mardianto Datuak Rajo Lelo, SH, Agusman Datuak Rajo Kaciek, Zufri Datuak Rajo Indo, Edwin Datuak Sutan Pamenan, Damri Sutan Batuah, Erik Datuak Intan Batuah, Eriyanto Datuak Ancak Sutan, M. Nasir Malin Parmato, Sutasman Datuak Sutan Pamuncak, Herman Hamid Datuak Rajo Taduang dan Yondi Rajo Bungsu serta Dony Rajo Nan Kayo.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker