Elektabilitas Ganjar Ungguli Jauh Anies dan Prabowo di Survei LSI

Abadikini.com, JAKARTA – Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap elektabilitas Ganjar Pranowo unggul jauh dari sejumlah kandidat populer, seperti Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Dalam survei LSI pada 7-11 Januari 2023, Ganjar menempati posisi pertama calon presiden (capres) di berbagai simulasi. Sementara itu, Anies dan Prabowo saling salip di urutan kedua dan ketiga.

“Dalam simulasi 19 nama, seperti biasa masih yang unggul adalah Ganjar Pranowo 27 persen, diikuti Anies Baswedan sekitar 17 persen, lalu Prabowo Subianto 16 persen,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam jumpa pers daring, Ahad (22/1/2023).

Elektabilitas Ganjar meningkat saat nama dikerucutkan menjadi 10 kandidat. Dia memiliki elektabilitas 29,2 persen.

Prabowo naik ke urutan kedua dengan elektabilitas 19,4 persen. Elektabilitas Anies 16,5 persen dan berada di urutan ketiga.

Pada simulasi tiga nama, elektabilitas Ganjar semakin perkasa. Dia memiliki elektabilitas 36,3 persen.

“Kalau tiga nama, maka Ganjar unggul sekitar 10-12 persen dengan pesaingnya di nomor dua Anies 24,2 persen. Diikuti oleh Prabowo 23,2 persen,” ujarnya.

Survei ini melibatkan 1.221 orang responden. Ambang batas kesalahan survei plus minus 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker