Gitaris Jeff Beck Tutup Usia Usai Tertular Meningitis Bakterialis

Abadikini.com, JAKARTA – Gitaris Jeff Beck, salah satu legendaris sepanjang masa yang terkenal melalui band rock Inggris The Yardbirds, telah meninggal dunia dalam usia 78 tahun di rumahnya di Surrey, Inggris.

Hal itu disampaikan oleh pihak keluarganya melalui pernyataan di media sosial resmi Jeff Beck pada Rabu (11/1) waktu setempat. Gitaris itu dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (10/1) waktu setempat setelah tertular meningitis bakterialis.

“Dengan kesedihan yang mendalam, kami berbagi berita tentang meninggalnya Jeff Beck. Setelah tiba-tiba tertular meningitis bakterialis, dia meninggal dengan tenang kemarin,” tulis pernyataan itu.

Pihak keluarga meminta kepada publik untuk memberikan ruang privasi atas memproses peristiwa kehilangan sosok legendaris tersebut.

Mengutip The Hollywood Reporter yang disiarkan Rabu (11/1) waktu setempat, Beck merupakan musisi yang telah memenangkan delapan Grammy Awards dan menduduki peringkat kelima dalam daftar 100 Gitaris Terbesar versi Rolling Stone tahun 2015.

Dia juga telah dilantik sebanyak dua kali di Rock and Roll Hall of Fame, sebagai anggota Yardbirds pada tahun 1992 dan sebagai solois pada tahun 2009. The Yardbirds sendiri dibentuk pada tahun 1963 di London. Namun Beck baru bergabung di band tersebut pada tahun 1965 untuk menggantikan Eric Clapton.

Beck muncul di beberapa album Yardbirds, tetapi akhirnya keluar dari band pada tahun 1966. Pada 1967, dia membentuk versi pertama dari The Jeff Beck Group yang menyertakan vokalis Rod Stewart dan gitaris-bassis Ronnie Wood.

Selain The Jeff Beck Group, dia juga membentuk grup Beck, Bogert & Appice. Beck kemudian bersolo karier dengan album “Blow by Blow” pada tahun 1975. Sepanjang karier, Beck juga menjadi kolaborator bersama musisi lain seperti Stevie Wonder dan Buddy Guy hingga Tina Turner dan Mick Jagger.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker