Malaysia Kalahkan Thailand di leg Pertama Semifinal AFF

Abadikini.com, JAKARTA – Malaysia memetik keunggulan tipis 1-0 atas Thailand dalam pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF setelah gol awal Faisal Halim memastikan kemenangan tim besutan Kim Pan-gon itu di Kuala Lumpur, Sabtu (7/1/2023).

Juara 2010 itu hampir saja mengemas kemenangan dengan gol tambahan seandainya wasit asal Korea Selatan Kim Dae-yong tidak menganulir gol kedua untuk tim tuan rumah 10 menit memasuki babak kedua ketika sundulan Dominic Tan dibatalkan.

Kim awalnya menganugerahkan gol tersebut setelah Tan menyambut bola hasil tendangan bebas Lee Tuck ke area penalti tetapi kemudian dia memutuskan telah terjadi pelanggaran yang mengarah ke gawang.

Tayangan ulang televisi tidak menunjukkan adanya pelanggaran tersebut dan karena VAR tidak digunakan dalam kompetisi ini, maka keputusan Kim di lapangan tetap berlaku dan sempat memancing kemarahan tim tuan rumah.

Malaysia unggul lebih dulu pada menit ke-11 ketika Faisal yang baru saja merayakan ulang tahunnya ke-25 melepaskan tendangan voli yang tidak terjangkau kiper Kittipong Phoothawchuek setelah sundulan Ruventhiran Vengadesan.

Satu menit memasuki babak kedua Teerasil Dangda hampir menyamakan kedudukan ketika bola sundulannya membentur tiang sebelum sundulan Tan di menit ke-55 dianulir wasit secara kontroversial.

Pemenang pertandingan pada leg kedua semifinal, Selasa, akan menghadapi Indonesia atau Vietnam di final yang akan dimainkan dalam dua leg pula pada 13 dan 16 Januari.

Leg pertama antara Indonesia dan Vietnam berakhir imbang 0-0 pada hari Jumat dan mereka akan bertemu lagi di Hanoi pada Senin. (Antara)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker