Walikota Tidore Ali Ibrahim Pimpin Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian Agama

Abadikini.com, TIDORE – Acara puncak peringatan Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian Agama Tahun 2023 di Kota Tidore, yang dipusatkan di halaman Madrasah Aliyah Negeri 2 Tidore, Kelurahan Mareku, Kecamatan Tidore Utara, Selasa (3/1/2023).

Upacara yang mengusung tema “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”, ini dipimpin langsung oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim selaku Inspektur Upacara.

Pelaksanaan Upacara berlangsung aman, lancar dan khidmat. Bertindak selaku pembacaan teks Pembukaan Undang-undang Dasar Tahun 1945, Hanifa Husain S. Ag, Pembacaan Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia Aisah Musa, SE dan pembaca doa, An’im Fatah.

Bertindak selaku Perwira upacara Fahrudin Ismail S.Pd, Pemimpin Upacara M. Firdzan S. Toduho, Pengibar bendera Siswi Madrasah Aliyah Negeri(MAN) 2 Tidore dan Korsit dari MAN 2 Tidore.

Amanat Kementerian Agama Republik Indonesia yang dibacakan Walikota Tidore Kepulauan Capt, H Ali Ibrahim menyampaikan, Hari ini telah memasuki Tahun Baru 2023. Tahun baru bukan sekadar penanda berakhirnya kalender tahun kemarin dan dimulainya kalender baru, namun bagi insan Kementerian Agama RI, setiap pergantian tahun selalu memiliki makna khusus.

“Di awal tahun, tepatnya hari ini, Selasa, 3 Januari 2023, keluarga besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77. Kita diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946, Pada peringatan HAB ke-77 tahun ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kemenag untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.” Tandasnya

Setahun yang lalu, dalam Peringatan HAB ke-76 Kementerian Agama, kita gelorakan semangat Transformasi Layanan Umat. Alhamdulillah, secara bertahap, cita bersama itu mulai terwujud dan tampak hasilnya. Kini Kementerian Agama telah terlihat berubah. Birokrasinya lebih lincah dan responsif.

Transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama. Beragam inovasi digital juga terus dilakukan, mulai pusat hingga daerah. Semua itu merupakan upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama juga terus berprestasi, di level nasional dan internasional.

“Bukti bahwa Kementerian Agama telah berubah, diakui dan diapresiasi oleh Kementerian/ Lembaga dan publik, kita diganjar lebih dari 22 penghargaan pada tahun 2022 lalu. Kita jaga prestasi di atas. Dan tahun ini, harus lebih baik dari tahun kemarin.” Imbuhnya

Melalui peringatan HAB ke-77 ini juga, mari kita jadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagaimana tahun sebelumnya, sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, Kementerian Agama tahun ini kembali mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10.073 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama. Permohonan itu telah dikabulkan Bapak Presiden.

“Hari Amal Bakti ke-77 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 936 orang, 20 tahun kepada 2.860 orang, dan 10 tahun kepada 6.277 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama. Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama.” tandasnya

Dalam kesempatan tersebut juga, Walikota Tidore Kepulauan menyematkan lencana penghargaan Satyalancana Karya Satya serta penyerahan SK Presiden RI secara simbolis kepada perwakilan penerima penghargaan.

Selain itu, Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim juga melakukan pengguntingan pita sebagai tanda peluncuran buku Risalah mimpi Al-mansur dan Festival Literasi Madrasah 2023.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128