Malam Pergantian Tahun, Group Pidato Adat di Muaro Paneh Tetap Gelar Latihan

Abadikini.com, SOLOK – Anggota group pidato adat Sarangkuah Dayuang di Muaro Paneh tetap menggelar latihan pada hari Sabtu, 31 Desember 2022, malam. Latihan digelar sampai hari Minggu, 1 Januari 2022 menjelang subuh.

Zufri Datuak Rajo Indo selaku pembimbing generasi muda yang belajar adat di Group Sarangkuah Dayuang mengatakan saat ini group tersebut sudah memiliki lebih kurang sepulang anggota. Meski terbilang sedikit, tetapi anggota group itu sudah hampir menamatkan pidato adat. Latihan dimulai sejak awal tahun 2022 hingga kini.

“Kami di sini tidak melihat asal suku ataupun asal nagari. Yang penting, dia memiliki minat dalam pelestarian nilai-nilai adat lewat pasambahan maka dia bisa gabung belajar,”ujar Zufri Datuak Rajo Indo.

Lebih jauh kata kakak mudo suku Malayu itu, surau yang secara resmi didirikan hari Sabtu tanggal 08 Oktober 2022 itu menggelar pertemuan dan latihan rutin setiap minggunya.

“Kami latihan tiap malam Minggu. Siapa saja yang mau gabung, bisa. Asalkan, setelah bergabung harus serius dalam belajar hingga ilmu yang diperoleh dapat dibawa pulang dan digunakan ditengah masyarakat,” terang dia.

Ketika media ini mengkonfirmasi soal nama group pidato adat ini, Zufri Datuak Rajo Indo mengatakan kalah nama sarangkuah dayuang dicetuskan oleh salah satu anggota group yakni Risko Mardianto Datuak Rajo Lelo, SH. Ia merupakan salah satu Advokat asal Solok yang kini membuka Kantor Hukum Risko Mardianto & Partners di Sungai Nanam.

Selain dia, sejumlah orang yang tergabung dalam group itu antara lain ada nama M. Nasir Malin Parmato, Sutasman Sutan Pamuncak, Herman Hamid Rajo Taduang dan sejumlah nama lain.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker