Jepang Kembangkan Rudal Canggih Hipersonik dengan Jangkauan 3.000 km

Abadikini.com, TOKYO – Kementerian Pertahanan Jepang akan mengembangkan beberapa rudal jarak jauh dengan jangkauan hingga sekitar 3.000 km dan menggelarnya pada tahun 2030-an.

Dalam laporan Kyodo News, Sabtu (31/13/2022), mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut, Pemerintah Jepang ingin mengerahkan rudal jarak jauh 2.000 km pada awal 2030-an dan rudal hipersonik 3.000 km yang dapat mencapai mana saja di Korea Utara dan beberapa bagian China sekitar tahun 2035.

Jepang bulan ini meluncurkan pembangunan militer terbesarnya sejak Perang Dunia II dengan rencana senilai USD320 miliar yang akan membeli rudal yang mampu menyerang China dan mempersiapkannya untuk konflik berkelanjutan, karena ketegangan regional dan serangan Rusia ke Ukraina memicu ketakutan akan perang.

Kabinet Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menandatangani perombakan kebijakan pertahanan negara yang paling radikal sejak Perang Dunia II pada hari Jumat (16/12/2022) mengutip ancaman regional. Berikut adalah beberapa perubahan utama.

Jepang akan membangun apa yang disebut “kemampuan serangan balik” yang akan memungkinkan Pasukan Bela Diri untuk menyerang pangkalan musuh. Ini akan diizinkan dalam kondisi berikut:

Serangan terhadap Jepang atau mitranya yang berpikiran sama yang mengancam kelangsungan hidup Jepang sendiri.

Tidak ada cara lain yang tepat untuk mengusir serangan yang akan segera terjadi.

Penggunaan kekuatan dapat dijaga seminimal mungkin.

Jepang bermaksud mengembangkan persenjataan rudal hipersoniknya sendiri dan membeli sebanyak 500 rudal jelajah Tomahawk buatan AS dengan jangkauan lebih dari 1.250 km.

Jepang akan meningkatkan pengeluaran militer menjadi 43 triliun yen (USD425,6 miliar) untuk lima tahun ke depan, menjadikannya pembelanja terbesar ketiga setelah Amerika Serikat dan China dengan anggaran saat ini.

Ini akan membuat anggaran pertahanan menjadi 2 persen dari produk domestik bruto (PDB), melampaui batas pengeluaran yang diberlakukan sendiri sebesar 1 persen dari PDB yang telah berlaku sejak 1976.

Jepang akan mendirikan pusat komando bersama pertamanya untuk mengoordinasikan pasukan pertahanan diri darat, laut, dan udaranya dengan lebih baik dalam situasi darurat.

Sebagai pengakuan atas taktik “zona abu-abu” yang melibatkan aktivitas nonmiliter, Jepang juga akan memperluas unit pertahanan sibernya menjadi sekitar 4.000 personel, lebih dari empat kali jumlah saat ini, untuk mencegah serangan siber, dan meluncurkan unit baru untuk menangani dengan “perang informasi”.

Penjaga pantai juga akan diperkuat untuk mengatasi serangan teritorial di sekitar perairan Jepang.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker