Menkes Budi Kunjungi Puskesmas Labuan Bajo

Abadikini.com, LABUAN BAJO – Menutup rangkaian kunjungannya ke Kabupaten Manggarai Barat, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengunjungi Puskesmas Labuan Bajo guna memastikan pelayanan kesehatan berjalan dengan baik.

Dalam kunjungannya, Menkes beserta rombongan memantau kondisi Puskesmas, menyusuri beberapa ruangan untuk mengecek secara langsung pelayanan kesehatan, laboratorium, alat kesehatan dan obat-obatan sembari berdiskusi ringan dengan petugas maupun kader Puskesmas.

“Saya kesini untuk melihat secara langsung pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas Labuan Bajo. Mengecek untuk memastikan layanannya benar-benar berjalan dengan baik,” kata Menkes.

Usai melihat Puskesmas, Menkes mendapati bahwa pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas Labuan Bajo telah bergeser dari kuratif menjadi promotif preventif. Pergeseran ini berlangsung dalam kurun waktu satu tahun. Mengetahui hal ini, Menkes pun mengapresiasi langkah yang diberikan Puskesmas Labuan Bajo dalam menghadirkan layanan kesehatan terhadap masyarakat di wilayahnya.

“Tadi saya dengar cerita kalau di Puskesmas Labuan Bajo ini sudah satu tahun beralih dari Puskesmas rawat inap menjadi rawat jalan, fokus pelayanannya pada promotif preventif. Saya kira ini sangat bagus, fokus menjaga bagaimana agar orang tetap sehat, yang sakit bisa ke rumah sakit, jadi skriningnya harus banyak, surveilansnya banyak, masyarakatnya diajakin untuk hidup sehat,” ujar Menkes.

Ditambahkan Menkes, bahwa merujuk pada transformasi kesehatan utamanya pilar pertama yakni transformasi layanan primer yang saat ini sedang dijalankan oleh Kemenkes, maka Puskesmas juga didorong untuk melakukan pengawasan terhadap masalah kesehatan lainnya seperti stunting, AKI dan AKB, juga skrining kesehatan. Dengan demikian, upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya bisa tercapai.

“Puskesmas ini sebagai ujung tombak kesehatan masyarakat, sehingga perannya sangat penting untuk mewujudkan Indonesia sehat. Saat ini masalah kesehatan itu bukan hanya COVID-19, tetapi ada juga stunting, AKI dan AKB yang menjadi program nasional. Untuk itu tetap semangat dan jaga kesehatan,” pesan Menkes.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker