Menkes Budi Resmikan RSUP Kupang

Abadikini.com, KUPANG – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meresmikan RS Umum Pusat Kupang pada Kamis (22/12). RS dengan nama RSUP dr. Ben Mboi itu diperkirakan sudah bisa melayani pasien pada hari ini Jumat (23/12).

Pembangunan RSUP berkonsep gedung terbuka dan memperhatikan tata kota serta drainase yang terintegrasi   dengan pengolahan limbah pabrik. Rumah sakit ini dibangun di atas 35 ribu m2 atau 18 ha.

Proses pembangunan dilakukan selama 18 bulan dan total selesai dalam waktu 24 bulan. Terdapat 210 tempat tidur, 36 tempat tidur intensif, 12 ruang pinere, 5 kamar operasi dan 1 cath lab.

Sebanyak 166 SDM telah direkrut untuk bekerja di RS tersebut. Semuanya  berasal dari kota Kupang, mulai dari dokter, perawat, bidan, teknisi, dan petugas pengamanan, semuanya orang asli daerah.

Dari 166 SDM tersebut 121 pegawai di antaranya sudah magang di rumah sakit UPT Vertikal Kemenkes di Jakarta.

selama satu bulan di unit layanan dan instalasi seperti rawat jalan, rawat inap, perawatan intensif, pelayanan penunjang medis, dan layanan penunjang non medis.

Tujuannya agar mereka mendapatkan pengalaman dari senior-seniornya di rumah sakit RSCM, RS Fatmawati, RS Karyadi, RS Jantung Harapan Kita dan sebagainya.

Adapun fasilitas penunjang yang akan siap dioperasikan yaitu laboratorium, radiologi termasuk beberapa peralatan canggih seperti CT Scan 128 slice, dan fluoroskopi. Rencananya tahun depan fasilitas rumah sakit tersebut akan dilengkapi sesuai dengan rujukan tipe A,  termasuk dalam hal ini alat radioterapi dan MRA

Menkes Budi mengatakan rumah sakit dr. Ben Mboi secara bertahap akan menjadi rumah sakit tipe A.

Nantinya akan ada 3 tugas dari saya yang pertama adalah layanannya harus layanan yang paripurna, layanan yang terbaik bukan hanya medisnya tapi non medisnya juga. Tidak boleh tempat parkirnya berantakan, harus rapi, taman-tamannya harus bagus.

“Pasien yang ke rumah sakit harus merasa seperti ke mall, layanan medisnya harus bagus, masyarakat harus mendapatkan layanan terbaik,” ujar Menkes Budi.

Tugas kedua, lanjut Menkes, harus bisa menjadi pusat pendidikan dan bekerja sama dengan fakultas kedokteran. Harus ada penelitian-penelitian yang keluar dari RSUP dr. Ben Mboi terkait cara mengobati yang benar.

Ketiga, RS ini harus jadi pengampu seluruh rumah sakit di NTT. Semua rumah sakit di kabupaten/kota di NTT adalah tugas dari rumah sakit vertikal ini untuk meningkatkan pelayanan sehingga tidak lagi ada pasien berobat ke luar negeri.

“Harapan saya 2 sampai 3 tahun masyarakat sini berobat di sini tidak harus keluar negeri bahkan orang luar negeri yang berobat ke sini,” tutur Menkes Budi.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Azhar Jaya, SKM., MARS mengatakan terdapat tenaga spesialis tamu sebanyak 11 orang yakni spesialis anak, anestesi, bedah umum, jiwa, mata, paru, anatomi, penyakit dalam, dan spesialis gigi periodonsia.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi NTT dalam pengurusan penerbitan surat izin praktek,” ucap dr. Azhar.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker