Media Malaysia Sebut Timnas Indonesia Kandidat Juara Piala AFF 2022

Abadikini.com, JAKARTA – Media Malaysia mengatakan Timnas Indonesia merupakan kandidat juara Piala AFF 2022. Menurut media Malaysia, Semuanya Bola, tahun ini mungkin menjadi saatnya Indonesia memutus catatan minor selalu kalah di final Piala AFF.

Thailand merupakan juara Piala AFF terbanyak dengan jumlah enam kali. Di sisi lain, Indonesia merupakan yang paling sering menjadi runner-up dengan jumlah yang sama.

Ya, Indonesia merupakan salah satu kandidat juara setiap kali Piala AFF berlangsung. Namun sayang, setiap kali berhasil mencapai final, Garuda – julukan Timnas Indonesia selalu gagal membawa pulang trofi.

Terbaru adalah pada Piala AFF 2020 yang digelar Desember 2021 hingga Januari 2022 lalu. Indonesia kembali masuk final dengan jumpa Thailand, namun kembali meraih hasil minor dengan agregat 2-6.

Pada gelaran Piala AFF 2022 ini, media Malaysia Semuanya Bola mengakui bahwa Indonesia merupakan salah satu unggulan untuk menjadi juara. Hal itu juga berkaca dari raihan Indonesia yang sukses mencapai final pada edisi sebelumnya.

“Itu adalah cerita lama [untuk menjadi runner-up] namun kini mereka muncul dengan skuad yang berbeda dan itu harus diingat bahwa edisi terakhir mereka juga sampai ke partai final. Ini berarti skuad Garuda merupakan salah satu tim yang menjadi kandidat juara kali ini,” demikian dikutip dari Semuanya Bola dari okezone Kamis (22/12/2022).

Pelatih Shin Tae-yong sendiri telah mempersiapkan timnya sejak sebulan sebelum turnamen bergulir. Timnas Indonesia telah melangsungkan pemusatan latihan (TC) di Bali sejak akhir November dan berakhir di Jakarta pada Rabu 21 Desember 2022 kemarin.

Skuad tak jauh berbeda dengan edisi sebelumnya. Namun kini Indonesia diperkuat sejumlah pemain kunci anyar, sebut saja Jordi Amat dan Ilija Spasojevic. Selain itu, permainan skuad Shin Tae-yong juga semakin menyatu sebagaimana yang diperlihatkan dalam dua laga uji coba kontra Curacao di bulan September.

Kini, Indonesia berada di Grup A pada gelaran Piala AFF 2022. Mereka akan bersaing lagi dengan rival terberat dalam turnamen ini, Thailand, juga Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Pertandingan pertama Indonesia di Piala AFF 2022 adalah menghadapi Kamboja. Itu akan dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat 23 Desember 2022 dengan kick-off pada pukul 16.30 WIB.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker