Hasan Basri Salurkan Bantuan 7000 Judul Buku untuk Komunitas Literasi di Kaltara

Abadikini.com, TARAKAN – Ketua Komite III DPD RI Hasan Basri melakukan kunjungan ke Komunitas Literasi Kota Tarakan dan Kalimantan Utara, Sabtu (17/12/2022).

Kunjungan Hasan Basri tersebut untuk memantau perkembangan dan potensi budaya membaca di Kalimantan Utara.

Kunjungan kerja Senator Muda asal Kalimantan Utara tersebut disambut langsung oleh 17 Perwakilan Komunitas Literasi Kalimantan Utara beserta jajaran staff Literasi Kalimantan Utara dan Dekan FKIP Universitas Boreno.

Mengawali sambutannya Ketua Komunitas Literasi Kalimantan Utara mengucapkan selamat datang kepada Hasan Basri selaku Ketua Komite III DPD RI asal Provinsi Kalimantan Utara dalam rangka Kunjungan Kerja untuk menjaring Aspirasi di Komunitas Literasi Kalimantan Utara.

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan tentang kondisi Komunitas Literasi Kalimantan Utara setelah adanya Pandemi Covid-19, dimana terjadinya penurunan kunjungan ke perpustakaan akibat pandemi.

Ia juga menyampaikan pentingnya dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari Senator Hasan Basri dalam mencapai target minat baca di kota Tarakan dan Kalimantan Utara dengan memperjuangkan berbagai macam fasilitas melalui kementerian terkait.

Kegiatan silaturahmi dilaksanakan dalam suasana santai tapi serius.

Melalui forum yang sama dalam arahannya Hasan Basri menyampaikan bahwa Komite III merupakan Mitra Kerja dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sehingga memiliki kesempatan yang besar untuk andil dalam peningkatan kinerja termasuk dalam hal peningkatan fasilitas sarana prasarana.

Hasan Basri menyampaikan, pemahaman terhadap literasi terutama tentang pentingnya budaya membaca khususnya kepada anak-anak hingga dewasa bukan pekerjaan mudah.

Untuk mencapai tingkat gemar membaca, dibutuhkan penguatan kerjasama antara Pemerintah Pusat Daerah untuk mengelola program dan kegiatan literasi, agar menjadi suatu gerakan literasi secara nasional.

“Kami sudah banyak berdiskusi dengan beberapa kementerian dan lembaga tentang literasi. Insyaallah kami akan berkomitmen untuk memperjuangkan program fasilitas sarana prasarana seperti pembagian buku-buku untuk Forum Literasi di Kalimantan Utara,” kata dia Hasan Basri.

Lebih jauh, di penghujung acara Hasan Basri yang akrab disapa HB, memberikan 7000 judul buku sebagai salah satu bentuk komitmen untuk memajukan literasi dan minat baca di Kalimantan Utara.

Dengan penyerahan buku ini, Hasan Basri berharap dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat khususnya di Kalimantan Utara.

Usai menerima sumbangan buku, Ketua Forum Literasi Kalimantan Utara, mengucapkan terima kasih atas sumbangan buku yang diberikan oleh senator Hasan Basri dalam rangka melengkapi berbagai macam buku bacaan di Kalimantan Utara.

“Insya Allah buku-buku ini akan kami pergunakan sebaik mungkin dan semoga menjadi amal jariyah buat pak Hasan Basri dan Keluarga,” Tutupnya.

Berdasarkan beberapa aspirasi tersebut, Hasan Basri berkomitmen untuk memperjuangkan dan memperkuat usulan aspirasi dari beberapa Komunitas Literasi lainnya yang ada di Kalimantan Utara kepada lembaga dan kementerian terkait. (*)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker