Wali Kota Ali Ibrahim Serahkan Bantuan 3 Motor dan 5 Kursi Roda kepada Penyandang Disabilitas

Abadikini.com, TIDORE – Memperingati hari Disabilitas Internasional, atau Day of People with Disabilities yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2022, Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim didampingi Sekretaris Daerah, Ismail Dukomalamo menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas yang memiliki usaha, berupa; 3 unit motor roda tiga, dan 5 unit kursi roda elektrik, untuk disabilitas dan lansia, penyerahan berlangsung di halaman kantor Wali Kota, usai apel gabungan, Senin (5/12/2022).

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim dalam kesempatan tersebut mengatakan, bantuan ini merupakan upaya Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, dalam hal ini Dinas Sosial, menyampaikan usulan kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Balai “Wasana Bahagia” Ternate untuk membantu penyandang Disabilitas dan Lansia yang ada di Kota Tidore Kepulauan.

“Ini adalah bantuan dari Pemerintah Pusat, yang diusul oleh Dinas Sosial Kota Tidore Kepulauan, melalui balai wasana bahagia, memberikan bantuan motor roda tiga dan kursi roda elektrik kepada penyandang disabilitas Kota Tidore Kepulauan, semoga dengan bantuan ini, dapat membantu aktivitas penyandang disabilitas dan juga lansia, baik yang memiliki usaha, maupun yang masih pelajar atau anak sekolah,” Tutur Ali Ibrahim.

Sementara di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Kota Tidore Kepulauan, Umar Zen, mengatakan, dalam rangka memperingati hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada Sabtu 3 Desember 2022, bantuan ini diberikan oleh pemerintah pusat melalui balai wasana bahagia di Ternate, Kota Tidore Kepulauan mendapat 3 unit motor roda tiga, yang akan diberikan kepada disabilitas cacat fisik untuk pengembangan usaha, dan 5 unit kursi roda elektrik, diberikan kepada disabilitas cacat fisik dan lansia yang sudah tidak bisa berjalan.

“Bantuan ini diberikan oleh pemerintah pusat kepada semua Kabupaten/Kota, namun karena kuota bantuannya terbatas, jadi tergantung Kabupaten/Kota mana yang mampu menghubungi melalui balai yang ada, kita akan terus melakukan koordinasi dengan balai wasana bahagia di Ternate, mudah-mudahan di tahun mendatang Kota Tidore bisa mendapat bantuan seperti ini lagi, sesuai dengan kebutuhan penyandang disabilitas di Kota Tidore Kepulauan,” Ucap Umar Zen.

Lebih lanjut, Umar Zen berharap dengan bantuan ini, anak-anak penyandang disabilitas dan lansia dapat terbantu, dengan meringankan aktivitas seharian mereka. Juga untuk motor roda tiga, semoga dapat membantu pengembangan, dan meningkatkan usaha para penyandang disabilitas penerima bantuan masing-masing.

Adapun bentuk bantuan yang diberikan kepada penyandang disabilitas yang memiliki usaha berupa; 3 unit motor roda tiga, dan bantuan penyandang disabilitas dan lansia berupa; 5 unit kursi roda elektrik. Selain itu, balai juga memebrikan bantuan berupa; 3 buah alat pendengar, 3 buah tongkat elektrik dan membantu pembiayaan operasi katarak kepada 1 wanita rawan social ekonomi.

Penyandang disabilitas yang mendapat bantuan motor roda tiga yaitu, Agus Salim dari Kelurahan Indonesiana, Hartini Rasyid dari Kelurahan Indonesiana, dan Ismail Hasan dari Kelurahan Jaya. Penyandang disabilitas dan lansia yang mendapat kursi roda elektrik yaitu, Habiba Haji (Lansia) dari Kelurahan Tuguiha, Luhu Efendi (Lansia) dari Kelurahan Maitara Selatan, Hi. Saban Safar (Lansia) dari Kelurahan Mafututu, Nur Yusuf (Disabilitas Berat) dari Kelurahan Soasio dan Meiriana Salim (Disabilitas Fisik) Siswa SDLB dari Kelurahan Tomalou.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker