BPKH Perbaharui Aplikasi Siskehat Haji

Abadikini.com, JAKARTA – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Bank Penerima Setoran Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) meluncurkan Sistem Keuangan Haji Terpadu (Siskehat) Gen 2.

Siskehat adalah sistem yang tata kelola administrasi data secara terintegrasi yang juga pengembangan dari aplikasi sebelumnya yakni Siskehat Gen 1 yang diluncurkan pada 2019.

Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah menjelaskan dalam aplikasi Siskehat Gen 2 pengguna dapat disajikan informasi terkait pemberian nilai manfaat yang dibagikan melalui virtual account langsung kepada Jemaah haji, penerimaan setoran awal, investasi, penempatan dana dan catatan aset keuangan lainnya.

“Siskehat menjadi salah satu sistem yang terus dikembangkan untuk memudahkan pelaporan BPS-BPIH kepada BPKH agar lebih tepat waktu, akurat, cepat dan dapat langsung diproses oleh sistem menjadi laporan keuangan BPKH,” kata Fadlul dalam keterangan tertulis, Jumat (2/12).

Di sisi lain, Fadlul juga menyebut melalui Siskehat ini juga menjadi sarana transparansi dan akuntabilitas BPKH dalam mengelola keuangan haji.

Peluncuran Siskehat Gen 2 sudah melalui sosialisasi hingga bulan November 2022.

Hasil sosialisasi tersebut, seluruh BPS-BPIH yang berada di daerah telah mengimplementasikan dengan baik dan tepat waktu, akurat serta dapat langsung diproses oleh sistem untuk menjadi laporan keuangan BPKH.

Peluncuran Siskehat Gen 2 yang diresmikan di Surabaya, Jawa Timur ini, penandatanganan berita acara Komitmen BPS-BPIH dihadiri oleh 15 BPS-BPIH daerah dan disaksikan oleh anggota Badan Pelaksana dan anggota Dewan Pengawas BPKH, Heru Muara Sidik.

“Siskehat Gen 2 adalah strategi BPKH untuk mendukung percepatan digitalisasi. Hal ini merupakan komitmen BPKH untuk melakukan percepatan digitalisasi pengelolaan keuangan haji,” demikian Heru.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker