Trending Topik

Duta Besar Spanyol, Peru, Bahrain dan Maroko Hadiri Forum Bisnis Sail Tidore

Abadikini.com, TIDORE – Duta Besar dari Spanyol, Peru, Bahrain, dan Maroko serta Residen Representative Bank Pembangunan Islam sebagai Organisasi Internasional menghadiri Forum Bisnis dalam rangka Sail Tidore 2022 yang berlangsung di Aula Sultan Nuku, Jum’at (25/11/2022).

Forum Bisnis ini juga menghadirkan Narasumber Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru dan Pasifik dari Kementerian Investasi Republik Indonesia Saribua Siahaan, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Maluku Utara Asrul Gailea dan Ketua Presidium Asosiasi Pengusaha Maluku Utara Mayrudin Maende dan melalui zoom Direktur Eropa Barat Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia R. Widya Sadnovic.

Dalam sambutan selamat datangnya Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim sebagai Tuan rumah menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang melibatkan Duta Besar dari empat negara sahabat dan satu Organisasi Internasional serta Para Pengusaha dan Investor dalam kegiatan tersebut. Dikatakannya bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan akan menjadi sebuah pintu masuk para investor untuk lebih mengenal Kota Tidore Kepulauan serta Provinsi Maluku Utara dengan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki.

“Forum Bisnis ini tentunya kita harapkan bersama dapat memberi pengaruh dalam meningkatkan daya tarik Investasi di Kota Tidore Kepulauan bersama Kabupaten/ Kota di Provinsi Maluku Utara” tutur Ali Ibrahim.

Dikatakannya lagi bahwa melalui Forum Bisnis tersebut dapat menjadi sebuah media untuk  mempertemukan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dengan para pelaku usaha untuk duduk bersama membangun koordinasi dan sinergitas program dan kegiatan investasi yang saling menguatkan dalam rangka pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Dalam paparan materinya Walikota Tidore Kepulauan dua periode ini mengatakan bahwa Kota Tidore Kepulauan memiliki pertumbuhan investasi tahun 2020 sampai 2021 sebanyak 70, 59 persen, dimana saat ini Tidore sedang mengembangkan potensi pariwisata, potensi perkebunan, potensi perikanan budidaya, potensi areal budidaya laut, dan potensi perikanan tangkap, serta dengan berbagai fasilitas kemudahan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk para investor.

 Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru dan Pasifik dari Kementerian Investasi Republik Indonesia Saribua Siahaan mengatakan bahwa Pemerintah Pusat sangat mendukung Sail Tidore sebagai sebuah kesempatan untuk Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan mengembangkan usaha para pelaku UMKM lokal yang berada di Tidore untuk diberi kesempatan agar dapat digandengkan dengan pengusaha besar.

Dikatakannya juga bahwa Tidore dengan sejarah panjangnya tentang sebuah perjalanan yang membawa negara lain tertarik untuk datang karena kekayaan rempah yang dimiliki pada saat itu. Sehingga Sail Tidore dengan basic mengingat kembali perjalanan panjang tersebut akan menjadi sebuah kesempatan untuk Tidore semakin mendunia.

“Jadi mari kita dukung kedatangan para tamu kita di Tidore” ajak Saribua Siahaan.

Dalam kesempatan tersebut juga Duta Besar Spanyol, Fransisco de Asis Aguilera Aranda memberikan sebuah piagam penghargaan dari Kerajaan Spanyol untuk Capt. H. Ali Ibrahim dalam rangka memperingati 500 tahun keliling Bumi pertama, dengan mengatakan bahwa pemberian penghargaan ini menjadi sebuah tanda adanya hubungan sejarah dan berharap agar sama-sama saling membangun untuk Kota Tidore Kepulauan.

Kegiatan yang berlangsung dengan hangat tersebut juga turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan, para akademisi dan Pengusaha dari Maluku Utara, Kepala OPD Propinsi Maluku Utara dan Kota Tidore Kepulauan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker