Kemendes PDTT Gelar Seminar Desa Wisata Bahari di Kota Tidore

Abadikini.com, TIDORE – Seminar Desa Wisata Bahari yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) resmi dibuka oleh Staf Ahli Menteri Desa PDTT, Ansar Husain di Aula SMA Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan, Jum’at (25/11/2022).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Desa PDTT, Erlin Chaerlinatun, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo, dan Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Yakub Husain.

Membacakan sambutan selamat datang dari Wali Kota Tidore, Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo mengatakan, seminar desa wisata ini diharapkan mampu membuka mata, wawasan dan semangat untuk maju berkembang dengan potensi Desa.

”Dan jika potensi desa wisata benar-benar dikelola dengan baik, maka perekonomian yang selama ini hanya mengandalkan pertanian dan perkebunan, serta perikanan dan laut, tentu akan bertambah dengan adanya perkembangan wisata, juga berpengaruh pada tumbuh kembang ekonomi kreatif,” Tutur Ismail.

Hal senada juga disampaikan, Staf Ahli Menteri Desa PDTT, Ansar Husain, ia memaparkan, bicara mengenai desa wisata bahari, Indonesia merupakan negara yang 73 persennya adalah lautan, ini dapat dimanfaatkan sebagai upaya untuk mengembangkan desa dengan potensi yang dimiliki.

“Desa wisata bahari diharapkan mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat, para kepala desa dan pendamping desa dapat belajar dari desa-desa yang sudah berkembang untuk meningkatkan inovasi di desa masing-masing,” Ajak Ansar.

Lanjut, Ansar mengatakan, satu kekurangan dari faktor pendukung yaitu, akomodasi dan transportasi yang masih sangat terbatas, olehnya itu pembangunan infrastruktur harus diutamakan, agar pasca Sail Tidore nanti, akan menarik orang dari luar untuk datang berkunjung ke Kota Tidore Kepulauan.

“Untuk itu, kepala desa, manfaatkan sumber daya yang baik, dengan dana desa yang telah disediakan, dan kepala desa diharapkan mampu untuk mengembangkan potensi desa, supaya jadi Desa Wisata Bahari,” Ucap Ansar.

Adapun narasumber pada seminar wisata bahari ini, yaitu dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) dan Kementerian Pariwisata. Peserta kegiatan ini terdiri dari Pendamping Desa dan Kepala Desa se Kota Tidore Kepulauan. Ceremony pembukaan diakhiri dengan penyerahan plakat Kementerian PDTT kepada Narasumber dan Moderator.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker