TNI AL dan Pemkot Tidore Rakor Persiapan Gelar Bakti kesehatan Surya Baskara Jaya

Abadikini.com, TIDORE – Demi mensukseskan Bakti kesehatan Surya Baskara Jaya (SBJ), TNI Angkatan Laut (AL) menggelar pertemuan dengan Pemerintah KotaTidore Kepulauan dalam hal ini Dinas Kesehatan dan RSD Kota Tidore Kepulauan, terkait dengan persiapan dalam rangka SBJ pada tanggal 24 November mendatang yang dipimpin oleh Asisten sekda bidang Perekonomian dan pembangunan Taher Husaen, di ruang rapat Walikota, Senin (21/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Kadiskes Koarmada I, Kolonel dr. Rudi Pandapotan mengatakan, perhatian dari Kasal terhadap sail Tidore ini sangat besar, sehingga menghadirkan Kapal KRI suharso yang merupakan KRI pertama buatan cina dan Kapal Rumah Sakit KRI dr Wahidin sudirosodo yang merupakan KRI baru, “ini baru dinikmati pertama kali oleh masyarakat Kota Tidore, dengan menghadirkan beberapa dokter TNI AL yang akan berkolaborasi dengan para dokter RSD Tidore dalam melakukan pengobatan gratis untuk masyarakat Tidore.” Kata dr Rudi.

dr Rudi menambahkan, selama suryabaskara jaya berlangsung akan dilaksanakan diatas KRI dr. Wahidin sudirosodo, jika KRI RS ini disetarakan dengan Rumah sakit maka KRI ini termasuk dalam RS tingkat II, dimana terdapat fasilitas berupa lima kamar operasi, empat kamar ICU dengan pantilatornya, terdapat CT Scan, Rongseng, laboratorium dan terdapat 90 tempat tidur, “sehingga kami akan mengupayakan agar seluruh pasien yang terdaftar nantinya akan terlayani dengan baik dan tidak kecewa atas pelayanan yang diberikan.” Tandas dr Rudi.

Sementara, Asisten sekda bidang Perekonomian dan pembangunanTaher Husaen mengharapkan, agar kegiatan surya baskara jaya ini dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, “dengan penuh harapan agar kegiatan bakti sosial ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga momentum sail Tidore dan Surya baskara jaya dapat dinikmati dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Tidore.” Harap Husain.

Selain, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan Abd Majid Do M. Nur mengatakan, siap untuk mendukung kegiatan Surya baskara jaya yang merupakan rangkaian dari Sail Tidore ini, “sehingga data pasien yang sampai saat ini terupdate dari setiap puskesmas di Kota Tidore ini untuk, Spesialis (Sp) dalam sebanyak 23 pasien, Sp THT enam (6) pasien, Sp Obgyn satu pasien, Sp. Mata 70 pasien, Sp Kulit satu pasien, Sp Saraf lima pasien, Sp Jantung satu pasien, Sp Jiwa satu pasien, Umum Sembilan pasien, Katarak 109 pasien, Hernia delapan pasien, bibir sumbing tiga pasien, khitan 106 pasien, Gigi 83 pasien, Sp Bedah delapan pasien dan 108 pemasangan Implan, IUD dan MOW, ini merupakan potret status pasien yang terdaftar, namun ini akan tetap bertambah.” Tutur Abd Majid

Abd Majid juga menambahkan, untuk pasien katarak yang berasal dari semua puskesmas akan melakukan scrining pada 22 November di RSD Tidore demikian juga untuk pasien spesialis lainnya, “pada prinsinya kami Dinas Kesehatan, RSD Tidore maupun IBI, IDI dan PPI siap mendukung Sail Tidore serta mensukseskan Bakti kesehatan Surya Baskara Jaya ini dengan menerjunkan tenaga Kesehatan untuk berkolaborasi dengan tenaga kesehatan TNI AL nanti.” Kata Majid

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker