Empat Tentara Suriah Tewas dalam “Agresi Udara” Israel

Abadikini.com, DAMASKUS – Empat tentara Suriah tewas dan seorang lagi terluka dalam “agresi udara” Israel di sejumlah pos militer di kawasan pesisir dan tengah Suriah pada Sabtu (19/11/2022) pagi, menurut Kantor Berita Suriah SANA.

Kelompok pertahanan udara Suriah membalas serangan tersebut, yang berasal dari sisi Laut Mediterania dan menyebabkan kerugian material, katanya.

“Sekitar pukul 6:30 pagi ini (waktu setempat), musuh Israel meluncurkan agresi udara di atas Laut Mediterania, dari arah Banias, yang menargetkan beberapa pos di kawasan pesisir dan tengah,” kata SANA mengutip sumber militer.

Israel selama bertahun-tahun menggencarkan serangan di Suriah untuk menentang apa yang digambarkannya sebagai pasukan Iran dan pasukan dukungan Iran yang dikerahkan di sana selama pertempuran yang dimulai lebih dari satu dekade lalu.

Menurut sumber intelijen dan kawasan, Israel dalam beberapa bulan belakangan meningkatkan serangan terhadap bandara dan pangkalan udara Suriah.

Hal itu dilakukan guna mengacaukan peningkatan penggunaan jalur pasokan udara oleh Iran untuk mengirim senjata ke para sekutu di Suriah dan Lebanon, termasuk Hizbullah Lebanon dukungan Iran.

Rudal Israel pada November ini menghantam pangkalan udara utama di Provinsi Homs, Suriah sehingga menewaskan dua tentara dan melukai tiga orang lainnya.

Sumber militer menyebutkan bahwa pangkalan udara di Shayrat baru-baru ini digunakan pasukan udara Iran.

Sumber: Reuters

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker