Trending Topik

Mendagri Tito Karnavian Meresmikan Tiga Provinsi Baru Pemekaran Papua

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meresmikan tiga provinsi baru di Papua, sekaligus melantik tiga gubernur baru yaitu Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Peresmian itu ditandai dengan pemukulan Tifa, alat musik khas Papua.

“Atas nama Presiden Indonesia dengan ini meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan UU Nomor 16 Tahun 2022,” kata Tito di Kemendagri, Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Tito menyebut sempat diingatkan Wamendagri John Wempi Wetipo bahwa peresmian tiga provinsi ini rupanya terjadi di ‘tanggal cantik’ sehingga mudah mengingatnya.

“Rupanya hari Jumat ini hari baik, tanggal 11 bulan 11, 22. Ini mudah mengingatnya lahirnya 3 provinsi baru,” ujarnya.

Tiga provinsi itu dipimpin oleh seorang Pj yang ditunjuk pemerintah. Tito mengatakan pemekaran tiga provinsi itu atas aspirasi dari masyarakat Papua yang diterima oleh Presiden Jokowi.

Proses pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua ini berlangsung panjang dan disahkan oleh DPR pada 30 Juni 2022.

“Dari aspirasi ini kita mempertimbangkan untuk kecepatan pembangunan di Papua, karena Papua luas wilayahnya. Wilayahnya 3 kali lebih luas dari Pulau Jawa,” beber Tito.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker