PBB Enrekang Berharap Pecah Telur Dapil III di Pemilu 2024

Abadikini.com, ENREKANG – Sejak tahun 2009 – 2019 pemilu digelar, Partai Bulan Bintang (PBB) sudah tiga kali tak raih kursi di daerah pemilihan tiga (dapil III) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Partai yang mulai berdiri sejak tahun 17 Juli 1998 ini sejatinya belum mampu meraup cukup suara untuk meloloskan kadernya di dapil III.

Dapil tiga sendiri mencakup Kecamatan Alla, Baroko, Curio, dan Masalle.

“Artinya sekarang kita fokus di dapil III, mudah-mudahan bisa ‘pecah telur’ karena sudah tiga periode tidak pernah terisi dapil III,” kata Sekretaris DPC PBB Enrekang, Sampe Udin, Rabu (9/11/2022).

Pada Pemilu 2009, PBB Enrekang hanya mengantar dua nama kader di kursi DPRD.

Yaitu dapil I diisi oleh Palembai dan dapil II Damansyah dengan total perolehan 3.046 suara.

Kemudian Pemilu 2014, PBB yang saat itu masih dipimpin Malam Sambat (MS) Kaban, hanya mengantar satu kader di kursi DPRD Enrakang.

Saat itu, cuma dapil I yang diisi oleh Runjana Kasmidi dengan perolehan suara 5.815.

Selanjutnya, Pemilu 2019, di era kepemimpinan Yusril Ihza Mahendera, partai yang berasaskan Islam itu hanya mampu meraih dua kursi.

Yaitu nama Chairul Tahir Enrekang II dengan 2.147 suara, dan incumbent Runjana Kasmidi dengan perolehan 1.879 suara.

Meski begitu, Sampe Udin mengaku optimistis lolos dalam tahapan verifikasi faktual yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sehingga bisa melangkah ke tahapan kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

“Langkah sekarang bekerja untuk lolos verifikasi faktual KPU sampai penetapan tanggal 14 Desember 2022,” katanya.

Sampe Udin menerangkan, partainya telah mengantongi nama-nama yang bakal disiapkan maju di dapil III pada pemilu mendatang.

“Untuk dapil III memang sudah ada tokoh-tokoh potensial yang kita siapkan tapi masih dalam konsumsi Internal partai,” katanya.

Lebih lanjut, Sekretaris DPC PBB Enrekang menambahkan, setelah melalui tahapan verifikasi faktual maka partainya bakal menjaring kader-kader yang layak untuk maju dikontestasi Pileg 2024 nanti.(*)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker