Gempa di Nepal Tewaskan Enam Orang

Abadikini.com, JAKARTA – Sedikitnya enam warga desa, empat di antaranya anak-anak, tewas akibat gempa bumi di Nepal barat yang menghancurkan rumah-rumah yang terbuat dari lumpur dan bata di sebuah desa terpencil di wilayah perbukitan Himalaya.

Gempa terjadi pada Rabu (9/11/2022) dinihari itu ketika semua keluarga berada di rumah dan masih tertidur.

Pusat gempanya terletak dekat dengan taman nasional di distrik Doti yang jarang penduduk, sekitar 430 km barat ibu kota Nepal, Kathmandu.

Saluran berita televisi lokal menunjukkan tim penyelamat berjuang membersihkan puing-puing untuk mencari korban dan penyintas, sementara kaum wanita tampak duduk di tempat terbuka dengan bayi terbungkus selimut untuk melindungi mereka dari hawa dingin.

Sementara itu sekitar 536 km ke arah barat daya, penduduk ibu kota India, New Delhi, juga diguncang gempa berkekuatan 5,6 SR.

Ram Upadhyay, kepala desa Purbi Chowki di Doti, mengatakan dia sedang berada di desa tetangga ketika gempa terjadi pada pukul 2.12 pagi waktu setempat.

“Gempa terasa kuat dan saya segera bergegas keluar,” katanya. “Sekarang kami sedang mengumpulkan rincian termasuk korban meninggal.”

Lima orang terluka parah, termasuk dua kritis, saat delapan rumah runtuh, kata Bhola Bhatta, wakil inspektur polisi Doti. Para korban luka kritis dibawa ke Kathmandu untuk perawatan.

Setidaknya dua orang yang sebelumnya dilaporkan hilang, ditemukan dalam kondisi selamat, kata juru bicara militer Nepal Narayan Silwal.

Nepal masih belum pulih dan masih membangun kembali setelah dua gempa bumi besar pada 2015 yang menewaskan hampir 9.000 orang, menghancurkan seluruh kota dan kuil-kuil berusia berabad-abad, menimbulkan kerugian ekonomi sebesar enam miliar dolar AS.

Perdana Menteri Sher Bahadur Deuba, yang menghadapi pemilihan ulang akhir bulan ini, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.

Sebuah tim penyelamat langsung menuju lokasi, kata Silawal, dan dua helikopter bersiaga di kota-kota Surkhet dan Nepalgunj yang berdekatan.

Survei Geologi AS (USGS) mengukur gempa berkekuatan 5,6 dan mengatakan gempa itu terjadi pada kedalaman sekitar 15,7 km. Pusat seismologi Nepal menyatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 6,6 SR.

Gempa itu berpusat sekitar 158 km timur laut Pilibhit, sebuah kota terpadat di negara bagian Uttar Pradesh, India. Tidak ada laporan kerusakan di pihak India.

Sumber: Reuters

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker