PBB dan Tiga Parpol di Bangka Barat Ini Memenuhi Syarat Verifikasi Faktual

Abadikini.com, BABEL – Sebanyak empat partai politik calon peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dinyatakan belum memenuhi syarat pada proses verifikasi faktual keanggotaan.

“Berdasarkan verifikasi faktual yang kami lakukan terhadap delapan parpol calon peserta Pemilu 2024, empat parpol belum memenuhi syarat dan empat parpol dinyatakan memenuhi syarat,” kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Harpandi di Mentok, Minggu (6/11/2022).

Ia menjelaskan, empat parpol yang belum memenuhi syarat verifikasi faktual tersebut, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Buruh.

Sedangkan empat parpol yang dinyatakan telah memenuhi syarat verifikasi faktual, yaitu Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora Indonesia), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

“Hasil verifikasi faktual yang telah kami lakukan sejak 19 Oktober hingga 4 November 2022 ini telah kami tetapkan melalui rapat pleno KPU Kabupaten Bangka Barat pada Sabtu (5/11),” katanya.

Harpandi mengatakan, empat parpol yang dinyatakan belum memenuhi syarat tersebut masih diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan data keanggotaan yang dilaporkan melalui aplikasi Sipol.

“Setelah perbaikan data keanggotaan, petugas KPU Kabupaten Bangka Barat akan kembali melakukan verifikasi faktual keanggotaan seperti langkah yang sudah dilakukan sebelumnya. Tahapan ini akan dimulai pada 10 sampai dengan 23 November 2022,” katanya.

Pada proses verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2024 yang dilaksanakan pada 19 Oktober hingga 4 November 2022, KPU Bangka Barat melakukan pendataan terhadap 1.295 delapan anggota parpol sesuai rekomendasi data keanggotaan parpol yang dikirim KPU RI.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker