Harga Minyak di Asia Turun

Abadikini.com, JAKARTA – Harga minyak turun pada awal perdagangan Asia pada Jumat, memperpanjang kerugian dari sesi sebelumnya di tengah kekhawatiran suku bunga AS akan lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya dan kekhawatiran baru bahwa wabah COVID akan mengurangi permintaan bahan bakar di China.

Harga minyak mentah berjangka Brent terpangkas 22 sen atau 0,2 persen, menjadi 94,45 dolar AS per barel pada pukul 00.25 GMT setelah jatuh 1,5 persen di sesi sebelumnya. Kontrak Brent berada di jalur untuk jatuh lebih dari satu persen untuk minggu ini.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS merosot 27 sen atau 0,3 persen, menjadi diperdagangkan di 87,90 dolar AS per barel, memperdalam penurunan 2,0 persen dari sesi sebelumnya, tetapi akan berakhir datar untuk minggu ini.

Kekhawatiran resesi di Amerika Serikat, konsumen minyak terbesar dunia, meningkat pada Kamis (3/11/2022) setelah Ketua Federal Reserve (Fed) Jerome Powell mengatakan “sangat prematur” untuk berpikir tentang menghentikan kenaikan suku bunga.

“Momok kenaikan suku bunga lebih lanjut meredupkan harapan kenaikan permintaan,” kata analis ANZ Research dalam sebuah catatan.

Menambah kesuraman, Bank Sentral Inggris (BoE) memperingatkan pada Kamis (3/11/2022) bahwa menurutnya Inggris telah memasuki resesi dan ekonomi mungkin tidak akan tumbuh selama dua tahun lagi.

Analis ANZ menunjukkan tanda-tanda permintaan yang lebih lemah di Eropa dan Amerika Serikat dengan orang-orang yang mengemudi lebih sedikit dan Amazon memperingatkan penjualan yang lebih lemah, yang dapat mengurangi permintaan untuk minyak sulingan untuk pengirimannya.

Lebih jauh merusak prospek, China tetap pada pembatasan ketat COVID-19 karena kasus naik pada Kamis (3/11/2022) ke level tertinggi sejak Agustus. Investor awal pekan ini mengira importir minyak terbesar dunia itu mungkin bergerak menuju pelonggaran pembatasan untuk meningkatkan ekonomi.

Dengan melemahnya permintaan di China, Arab Saudi menurunkan harga jual resmi (OSP) Desember untuk minyak mentah Arab Light andalannya ke Asia sebesar 40 sen ke premi 5,45 dolar AS per barel versus rata-rata Oman/Dubai.

Pemotongan itu sejalan dengan perkiraan sumber perdagangan.

sumber: Antara

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker