Korem Merauke Apresiasi Inovasi Dan Kreatifitas Masyarakat Terhadap Olahan Makanan Tradisional

Abadikini.com, MERAUKE – Korem 174/ATW Mereuke beri apresiasi terhadap inovasi dan kreatifitas masyarakat terhadap olahan makanan tradisional hasil kebun petani lokal Kabupaten Merauke. Hal itu disampaikan Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia saat memberikan harga lelang tertinggi sebagai wujud penghargaan dan apresiasi terhadap para petani dalam membuat makanan olahan tradisional hasil kebun para petani masyarakat lokal Kab. Merauke saat proses lelang Lomba Cipta Menu.

Lomba Cipta Menu dilaksanakan disela-sela Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-42 Tahun 2022 di Kabupaten Merauke dengan Tema Internasional “Leave No One Behind” yang artinya Jangan Tinggalkan Siapapun dan tema “Dengan Semangat Hari Pangan Sedunia ke-42 Tahun 2022 Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat Menuju Kemandirian Pangan Lokal”, bertempat di Balai Kampung Yasa Mulya (Sp2) Jl. Teuku Umar Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Kamis (20/10).

“Saya bangga dengan inovasi dan kreatifitas para petani yang ada di Kab. Merauke yang terus berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani karena hal ini juga sesuai program TNI AD dalam upaya mengatasi kesulitan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program ketahanan pangan,” jelas Kasrem dalam keterangan dikutip, Sabtu (22/10/2022).

Kegiatan HPS ke-42 Tahun 2022 di Kab. Merauke diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke yang dipimpin oleh Ibu Martha Bayu Wijaya (Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke).

Kegiatan dihadiri sekitar 250 orang tamu undangan terdiri dari para pejabat Pemda Kab. Merauke, para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kab. Merauke, para pejabat TNI/Polri Kab. Merauke, para Kepala Kampung se-Distrik Tanah Miring dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Distrik Tanah Miring.

Dalam sambutannya Ibu Martha Bayu Wijaya menyampaikan bahwa agar kita semua dapat meningkatkan kesadaran akan ketahanan pangan yang merupakan kebutuhan mendasar bagi kehidupan umat manusia, issu terhadap kerawanan ketahanan pangan global diantaranya perubahan iklim/pemanasan global (global warming), konflik geopolitik dan faktor-faktor lainnya.

Dalam rangka memperingati HPS ke-42 Tahun 2022 di Kab. Merauke, panitia telah menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti workshop, berbagai perlombaan, Pencanangan MAS PASKAL B2SA (MASanya PAngan Sehat loKAL Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) dengan penyerahan bucket berisi makanan olahan dari hasil bumi yang diserahkan oleh Ibu Martha Bayu Wijaya kepada Bapak Asisten II Jeremias Ndiken.

Penyerahan bantuan secara simbolis berupa alat sistem pertanian (Alsintan), sarpras alat penangkap ikan yang diserahkan kepada para Gapoktan di wilayah Kabupaten Merauke dan unggas kepada Ibu Ketua PKK Tingkat Distrik Kab. Merauke.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker