Menkes Budi Gunadi Sadikin Dapat Penghargaan CEO of the Year dalam ajang FEA 2022

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mendapatkan penghargaan CEO of the Year dalam ajang Future of Enterprise Awards (FEA) 2022 yang digelar International Data Corporation (IDC) Indonesia pada Rabu (5/10/2022).

Penghargaan ini diberikan untuk figur yang telah berkontribusi besar dalam memanfaatkan transformasi digital untuk meningkatkan sistem kesehatan di Indonesia.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Penghargaan ini menjadi momentum penting bagi Kementerian Kesehatan untuk terus melanjutkan transformasi sistem kesehatan di Indonesia,” kata Menkes dalam keterangan, Kamis (6/10).

Menkes menjelaskan bahwa saat ini Kementerian Kesehatan tengah melaksanakan transformasi sistem kesehatan yang fokus pada 6 pilar.

Diantaranya transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

Untuk mewujudkan keenam pilar tersebut, Kemenkes turut memanfaatkan teknologi informasi seperti Artificial Intelegence (AI), IoT, Cloud dan keamanan siber guna menghadirkan layanan kesehatan yang cepat, mudah, presisi dan merata di seluruh wilayah di Indonesia.

Untuk memastikan keberlanjutan agenda ini, ia telah membangun tim transformasi digital dan meluncurkan Cetak Biru Strategi Transformasi Kesehatan Digital 2024.

“Di era digital seperti sekarang ini, keenam transformasi tersebut membutuhkan dukungan teknologi informasi untuk memastikan pelayanan kesehatan yang lebih mudah, cepat dan presisi,” ungkap Menkes.

Menkes menambahkan untuk memastikan keberlanjutan agenda transformasi tersebut, pihaknya telah membangun tim transformasi digital dan meluncurkan Cetak Biru Strategi Transformasi Kesehatan Digital 2024.

Selain menerima penghargaan sebagai CEO of the Year, pada saat yang sama, Kementerian Kesehatan melalui Pusdatin-DTO juga menerima Special Award for Digital Resiliency untuk aplikasi penanganan pandemi, PeduliLindungi.

Menkes menjelaskan bahwa aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang hadir untuk mempercepat penanganan pandemi COVID-19 serta mendukung penerapan kebijakan PPKM melalui Testing, Tracing dan Treatment (3T).

Program ini terbukti efektif dalam menangani pandemi COVID-19 di tanah air. Sejak diluncurkan pada April 2020 sampai saat ini, PeduliLindungi telah berhasil mencegah 539.705 orang berstatus hitam dan 4.057.826 orang berstatus merah memasuki ruang publik.

Selain itu, bekerjasama dengan 17 mitra telemedisin isoman, PeduliLindungi juga telah melayani 445.000 telekonsultasi dan mengirimkan sebanyak 380.000 paket gratis kepada pasien COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan.

Menkes mengungkapkan sampai saat ini PeduliLindungi telah digunakan lebih dari 95 juta orang dengan jumlah pengguna aktif harian sekitar 8 juta orang. Dengan jumlah pengguna yang terus bertambah, Kemenkes bertekad untuk terus mengembangkan layanan Aplikasi PeduliLindungi guna mendukung layanan kesehatan yang lebih baik.

“PeduliLindungi terus adaptif terhadap kebutuhan dan perubahan regulasi untuk pencegahan COVID-19 dan penanganan kesehatan lainnya,” tutur Menkes.

Untuk itu, secara bertahap aplikasi PeduliLindungi akan terus bertransisi dari aplikasi penanganan pandemi COVID-19 menjadi aplikasi kesehatan masyarakat individu yang fokus pada upaya promosi dan pencegahan sejak kehamilan hingga usia lanjut.

Future of Enterprise Awards (FEA) merupakan acara tahunan yang digelar sejak tahun 2016 oleh International Data Center (IDC), sebagai bentuk apresiasi atas ketahanan suatu perusahaan atau lembaga dalam menghadapi tantangan dan gangguan di dunia melalui pemanfaatan teknologi digital.

Selain Menteri Kesehatan dan Pusdatin-DTO Kemenkes RI, penghargaan juga diberikan kepada Bank Mandiri – BioFarma, DBS Bank Indonesia – T&O Customer Center, PT Bank Danamon Indonesia, Tbk, PT Pupuk Indonesia (Persero), Tripatra Engineers and Constructors, Petrosea, dan Tokopedia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker