Hari Nasional China Dirayakan di Luar Angkasa

Abadikini.com, JAKARTA – Perayaan Hari Nasional China untuk pertama kalinya dirayakan di orbit, saat para taikonaut Shenzhou-14 yang sedang melaksanakan misi antariksa di stasiun luar angkasa Tiangong mengirimkan ucapan selamat ulang tahun kepada tanah air mereka.

Hari Nasional yang diperingati setiap 1 Oktober itu merupakan  hari ulang tahun bagi Republik Rakyat China.

Dalam sebuah video yang dirilis pada Sabtu (1/10), taikonaut Chen Dong, Liu Yang, dan Cai Xuzhe dari luar angkasa memperingati 73 tahun berdirinya China.

Para awak Shenzhou-14 itu menyampaikan ucapan selamat dengan memberi hormat.

Ketiga taikonaut tersebut menyatakan rasa terima kasih kepada bangsa China atas dukungan yang telah diberikan, serta berjanji akan menuntaskan tugas mereka “untuk menorehkan kejayaan tanah air di antariksa.”

Mereka sekaligus menyampaikan sudah siap menyambut kedatangan modul laboratorium Mengtian dan menyelesaikan pembangunan stasiun luar angkasa China di orbit.

Liu, satu-satunya wanita di antara kru Shenzhou-14, juga memperlihatkan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan dari stasiun luar angkasa.

Pada Jumat (30/9) sehari menjelang Hari Nasional tahun ini, taikonaut Shenzhou-14 bersama staf profesional di Bumi melakukan reposisi modul laboratorium Wentian agar berlabuh (docking) dengan porta samping di modul inti.

Langkah tersebut menandai kali pertama China menggunakan fasilitas khusus untuk memindahkan wahana antariksa besar di orbit, kata Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Para kru Shenzhou-14 telah berada di luar angkasa sejak 5 Juni untuk menjalankan  beberapa tugas, seperti melakukan kegiatan di luar angkasa atau spacewalk, menguji peralatan, serta melaksanakan eksperimen ilmiah.

Mereka juga akan melaksanakan serah-terima kru stasiun luar angkasa China pertama di orbit ketika kru Shenzhou-15 tiba pada akhir tahun ini.

sumber: Antara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker