Berikut Gambaran Singkat Rundown Acara Launching Sail Tidore 2022

Abadikini.com, JAKARTA – Rencana Launching Sail Tidore 2022 yang semula dijadwalkan pada tanggal 4 Oktober, diundur ke tanggal 11 Oktober 2022, pengunduran waktu launching ini dikarenakan pada tanggal 4 Oktober 2022, para Menteri menghadiri rapat persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G.20 di Bali.

Hal ini dibahas dalam rapat koordinasi, melalui Zoom Meeting di Ruang Rapat Wali Kota, Jum’at (30/9/2022) antara Kementerian Perdagangan RI yang dipimpin oleh Kepala Pusat Penanganan Isu Strategis, Fajarini Puntodewi bersama Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang diwakili oleh Asisten III Asrul Gailea, dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Kepala Pusat Penanganan Isu Strategis Kemendag RI, Fajarini Puntodewi mengatakan, sesuai dengan arahan Menkomarves, Sail Tidore akan tetap dilaksanakan pada tanggal 24-29 November 2022.

“Namun demikian, pada tanggal 4 Oktober itu, Bapak Menkomarves ada persiapan untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G.20 di Bali, sehingga Pak Menkomarves tidak bisa hadir, jadi berdasarkan komunikasi kita dengan Sekretaris Menkomarves kemarin, acara kita undur menjadi tanggal 12 Oktober, positifnya kita masih punya waktu 1 minggu lagi untuk mempersiapkan dengan baik, seandainya ada hal-hal yang belum kita siapkan,” jelas Puntodewi.

Lebih lanjut, Puntodewi mengatakan, meskipun waktu pelaksanaan launching Sail Tidore 2022 diundur, namun rundown pelaksanaan launchingnya sudah disiapkan, baik persiapan pelaksanaan di lapangan maupun administrasinya, seperti undangan, dan hal-hal teknis yang lain.

Sementara itu, Asisten III Provinsi Maluku Utara Asrul Gailea, dalam rapat tersebut mengatakan, terkait pelaksanaan Launching Sail Tidore 2022 yang direncanakan pada tanggal 12 Oktober 2022 agar dikoordinasikan lagi, karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Provinsi Maluku Utara.

“Untuk tanggal launchingnya, agar koordinasikan kembali, karena pada tanggal 12 Oktober itu ada perayaan Hari Ulang Tahun Provinsi Maluku Utara, dan pada tanggal 13 Oktober ada acara dari Kemendes di Ternate,” Ucap Asrul.

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo dalam rapat tersebut mengatakan, penentuan waktu launching Sail Tidore 2022 tidak bisa ditunda lagi, dan juga harus mempertimbangkan waktu pelaksanaan HUT Provinsi Maluku Utara, namun  yang terpenting adalah waktunya Bapak Menkomarves.

“Terkait dengan Launching Sail Tidore 2022 ini, sudah tidak bisa diundurkan lagi waktu launchingnya, saran saya dimajukan ke tanggal 11 Oktober 2022, agar tidak bertepatan dengan HUT Provinsi Maluku Utara, dan yang terpenting adalah waktunya Bapak Menteri,” Tutur Ismail.

Rapat koordinasi ini, menghasilkan kesepakatan bahwa, Launching Sail Tidore 2022 akan dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Oktober 2022 bertempat di Ruang Auditorium Kementerian Perdagangan RI, Pukul 14.00 WIB, dalam rapat ini juga sekaligus membahas satu per satu rundown acara Launching Sail Tidore 2022.

Berikut gambaran singkat rundown acara Launching Sail Tidore 2022, dibalut dengan tajuk, Tidore : Kota Warisan Dunia Perekat Bangsa-Bangsa, acara launching akan dibuka dengan Tarian Ritual Salai dan Tarian Soya-Soya, kemudian laporan Gubernur Maluku Utara, selaku Panitia Daerah Penyelenggara Sail Tidore 2022.

Kemudian sambutan Menteri Perdagangan sekaligus laporan Ketua Panitia Nasional Sail Tidore 2022, arahan Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, kemudian Prosesi Launching Sail Tidore 2022 yang ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional tifa.

Acara dilanjutkan dengan penayangan video Sail Tidore 2022 yang berisikan promosi rangkaian kegiatan Sail Tidore 2022 dan Testimoni dukungan penyelenggaraan Sail Tidore 2022.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker