Pemkot Tidore Dukung Penuh Registrasi Sosial Ekonomi BPS

Abadikini.com, TIDORE – Registrasi sosial ekonomi atau REGSOSEK adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial.

Demikian sambutam Walikota yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepuluan, Ismail Dukomalamo pada Acara Pembukaan Rapat Koordinasi Daerah Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2022 yang ditandai dengan pemukulan Tifa, yang di selenggarakan BPS Kota Tidore Kepulauan  berlangsung di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Rabu (21/9).

Lebih lanjut,  Informasi yang komprehensif ini memungkinkan REGSOSEK menyajikan tingkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah. Pengetahuan akan tingkat kesejahteraan penduduk, membantu pemerintah berbagai tingkatan dalam menyasar penduduk sasaran, khususnya dalam program perlindungan sosial dan tanggap darurat kebencanaan,” kata Ismail.

Ismail juga menambahkan pelaksanaan registrasi sosial ekonomi menjadi langkah strategis yang tepat dalam pembangunan dan pemulihan Indonesia khususnya di Kota Tidore Kepulauan, dapat mencapai berbagai tujuan pembangunan strategis, bahkan tujuan pembangunan global, melalui pengembangan REGSOSEK yang komprehensif.

“Kami di Pemerintahan Daerah Kota Tidore Kepulauan selalu siap mendukung kegiatan pendataan yang dilaksanakan BPS Kota Tidore Kepulauan,” ucap Ismail.

Ismail berharap dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh kalangan masyarakat bersama-sama dengan pemerintah di Kota Tidore Kepulauan, untuk dapat menyukseskan pelaksanaan REGSOSEK sebagai implementasi satu data Indonesia karena manfaat yang akan diperoleh tentunya akan kembali kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan sendiri.

Sambutan Kepala BPS Propinsi Maluku Utara yang dibacakan Pejabat Fungsional Statistik Ahli Madya, Daniel Mading menyampaikan bahwa pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi menjadi langka strategis yang tepat dalam pembangunan dan pemulihan Indonesia serta dapat mencapai berbagai tujuan pembangunan strategis, bahkan tujuan pembagunan REGSOSEK yang komprehensif.

Daniel Mading juga menambahkan keberhasilan REGSOSEK adalah komitmen dan kolaborasi antar pemerintah Pusat, Daerah dan juga Desa/Kelurahan dan partisipasi aktif dari berbagi elemen masyarakat seperti akademis, pengamat kebijakan, pakar, dan masyrakat umum. Mari bersama-sama kita mencatat untuk membangun negeri melalui REGSOSEK.

Sementara Kepala BPS Kota Tidore K epulauan, Oki Afrizal  dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk menguatkan kordinsi dan konsulidasi eksternal maupun internal dalam rangka pelaksananaan kegiatan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi atau yang kenal denagn REGSOSEK, untuk menyampaikan rencana kerja pelaksannaan kegiatan pendataan awal REGSOSEK di Kota Tidore Kepulauan serta untuk memantapkan strategis dan manajemen lapangan pelaksanaan kegiatan Pendataan Awal Regsosek di Tidore Kepulauan.

Narasumber dari kegiatan Rektor Universitas Nuku Idris Sudin, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan Ramli Saraha dan Kepala BPS Kota Tidore Kepulauan, Oki Afrizal, dengan tema kegiatan Mencatat Untuk Membangun Negeri, Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Turut hadir Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Ahmad Ishak, Para Pimpinan Perguruan Tinggi di Kota Tidore Kepulauan, Para Asisten Setda dan Staf Ahli Walikota serta para Peserta Rapat Koordinasi Daerah.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker