Alasan Pemkab Kediri Naikkan Bantuan Parpol jadi Rp6.000 Per suara Sah

Abadikini.com, KEDIRI – Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur menaikkan anggaran bantuan keuangan untuk partai politik untuk Pemilu 2024. Dari semula Rp3.500 menjadi Rp6.000 per lembar suara sah.

“Bantuan keuangan kepada partai politik mengalami kenaikan dari Rp3.500 per suara sah menjadi Rp6.000 per suara sah, sehingga diharapkan pelaksanaan pendidikan politik kepada masyarakat akan meningkat,” ujar Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, di Kediri, Selasa (20/9).

Kenaikan anggaran bantuan keuangan partai politik itu dilakukan karena bantuan keuangan yang saat ini Rp3.500 per lembar suara sah, dilihat secara aglomerasi dan hasil evaluasi, dinilai kurang ideal.

Sebab idealnya, angka bantuan itu berada di kisaran Rp6.000.

Mas Dhito, sapaan akrabnya Bupati Kediri, mengaku telah melakukan diskusi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kediri terkait dengan hal ini.

Hingga akhirnya memutuskan untuk menaikkan bantuan keuangan bagi Parpol di angka yang ideal.

Dengan kenaikan itu, lanjut Mas Dhito, pelaksanaan pendidikan politik kepada masyarakat diharapkan dapat terus digenjot. Sehingga keterlibatan atau partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum diharapkan akan meningkat.

“Harapannya nanti di 2024 jumlah pemilih yang hadir ke TPS akan jauh lebih banyak,” tutur Mas Dhito.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto memberikan apresiasi atas kebijakan Pemkab Kediri soal bantuan keuangan untuk parpol.

“DPRD Kabupaten Kediri telah sepakat dan menyetujui Raperda tentang perubahan APBD 2022 tersebut,” kata Dodi.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker