India Berhasil Hemat Rp 65 Triliun Setelah Beli Minyak Mentah yang Didiskon Rusia

Abadikini.com, JAKARTA – Terlepas dari tekanan negara-negara Barat, India telah mengambil keputusan untuk membeli minyak mentah Rusia di tengah krisis energi yang dihadapi global.

Di sisi lain, dengan banyaknya sanksi terhadap Rusia akibat invasi ke Ukraina, membuat Moskow menurunkan harga minyak yang mereka jual.

Seperti diberitak RMOL via The Times of India, tiga perusahaan minyak milik negara telah menghemat 4,4 miliar dolar AS atau Rp 65 triliun dari hasil pembelian minyak mentah yang didiskon Rusia.

Minyak Rusia berkontribusi sebanyak 18 persen terhadap total pembelian India pada Agustus. Angka tersebut jauh dari 0,5 persen pada April tahun ini.

Sejak Moskow memulai operasi militer khusus di Ukraina, Rusia telah menjadi pemasok minyak mentah terbesar ketiga India, setelah Irak dan Arab Saudi.

Indian Oil Corporation, Bharat Petroleum, dan Hindustan Petroleum meningkatkan pembelian mereka dari Rusia setelah mulai menawarkan diskon besar-besaran karena sebagian besar pembeli tradisional Moskow berhenti membeli minyak mentah karena takut akan sanksi Barat.

India yang berani menolak tekanan Barat bahkan sepakat untuk menyetujui mekanisme perdagangan rubel-rupee atas pembelian minyak mentahnya. Alhasil, saat ini, India merupakan pembeli minyak Rusia terbesar kedua setelah China.

Kementerian Perdagangan India mencatat pihaknya telah mengimpor minyak senilai 11,2 miliar dolar AS dari April hingga Juli tahun ini, dibandingkan dengan hanya 1,3 miliar dolar AS selama periode yang sama pada tahun 2021.

Dengan pembelian ini, India memenuhi lebih dari 80 persen kebutuhan minyaknya melalui impor.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker