Cegah Kerusakan, Ketahui 5 Ciri Air Radiator Mobil Habis

Apakah mengetahui ciri air radiator mobil habis sangat penting? Secara kalkulasi air radiator merupakan sebuah cairan khusus yang memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu mesin agar tidak overheating.

Sedangkan, ketika Anda menggunakan mobil secara tidak langsung mesin akan bekerja keras agar bisa berjalan dengan baik. Apabila mesin pada mobil melakukan pekerjaannya terlalu keras, akan membuatnya mengalami panas berlebih.

Jika dibiarkan, tentu akan berpengaruh terhadap kinerja mobil. Karena itu, selain penting memahami apa saja ciri air radiator mobil habis, pemilik kendaraan juga perlu memiliki produk proteksi berupa asuransi mobil.

Asuransi mobil bebas ribet bisa Anda temukan hanya di Lifepal.co.id. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk memiliki asuransi jiwa, kenapa harus punya asuransi jiwa? 

Sebab, asuransi ini akan menjamin finansial Anda apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Apalagi jika Anda merupakan kepala keluarga atau pencari nafkah.

Ciri Air Radiator Mobil Habis

Jika Anda ingin memaksimalkan mesin kendaraan agar tidak cepat mogok selama perjalanan. Maka, pastikan Anda menjaga agar air radiator mobil tidak habis. 

Pasalnya, jika hal tersebut berlanjut akan berdampak pada kerusakan mesin berkelanjutan. Berikut ini beberapa ciri air radiator mobil habis:

1. AC Terasa Kurang Dingin

Pernahkah Anda merasa bahwa di dalam kabin mobil AC seakan kurang berfungsi? Kondisi tersebut merupakan salah satu gambaran yang akan terjadi ketika air radiator mobil Anda telah berkurang.

Kasus tersebut bisa Anda buktikan ketika melakukan pengecekan pada freon. Apabila jumlahnya masih sangat banyak, maka penyebabnya ada pada air radiator. Karena habisnya air radiator tersebut memicu mesin menjadi lebih panas.

Sehingga putaran kompresor pada AC menjadi berhenti dan mengurangi beban mesin. Akibatnya, blower AC hanya mengeluarkan hembusan angin yang terasa hangat.

2. Indikator Suhu Mesin Mendekati Merah

Anda tentu mengetahui bahwa setiap mobil memiliki beberapa indikator yang tampil pada dashboard. Nah, salah satunya merupakan indikator suhu udara.

Apabila Anda menemukan tanda bahwa jarum indikator telah bergerak ke warna merah. Maka, hal tersebut merupakan salah satu ciri air radiator mobil habis.

Sebab, apabila jarum mengarah pada warna merah memberikan tanda sistem pendingin tidak dapat menstabilkan panas mesin dengan sempurna.

Oleh karena itu, meskipun sangat sepele Anda bisa melakukan pengecekan berkala dengan melihat jarum indikator ketika perjalanan berlangsung.

Jika dirasa jarum sudah mulai mendekati warna merah, Anda bisa segera menambahkan air radiator. Tujuannya akibat dari air radiator habis yang membuat Anda engap bisa diminimalisir dengan baik.

3. Muncul Uap Air dari Kap Mesin

Ciri air radiator mobil habis selanjutnya bisa Anda temukan pada kemunculan uap air dari kap mesin. Pasalnya, uap air tersebut merupakan tanpa telah terjadi penguapan berlebihan pada air radiator.

Ketika air radiator mengalami kebocoran, maka akan langsung menguap sehingga yang terlihat pada kap mesin berupa uap air. Salah satu penyebab dari kebocoran tersebut adalah selang radiator yang pecah.

Bisa diakibatkan oleh sambungan selang yang lepas atau juga water pump bocor. Apabila permasalahan tersebut akibat kebocoran, maka Anda bisa segera melakukan pemeriksaan pada bengkel rekanan terpercaya.

Apabila Anda memiliki asuransi, maka biaya perawatan di bengkel rekanan bisa diminimalisir. Sebab, Anda telah membayarkan premi setiap bulannya dengan nilai yang telah disepakati di awal.  

4. Mesin Menjadi Tidak Bertenaga

Apabila Anda sering merasa mesin mobil sudah tidak bertenaga ketika berkendara pada rpm yang tinggi. Maka, Anda bisa menyimpulkan bahwa air radiator pada kendaraan tersebut telah berkurang banyak atau bahkan habis.

Namun, jika setelah Anda melakukan pengecekan terhadap kondisi air radiator ternyata kondisinya baik-baik saja. Maka, Anda membutuhkan pengecekan kondisi lain pada bengkel rekanan.

Usahakan segera melakukan pengecekan agar kerusakan tidak semakin bertambah.

5. Suara Mesin Terdengar Kasar

Terakhir, tanda yang bisa Anda jadikan gambaran apabila air radiator habis adalah suara mesin mobil menjadi lebih kasar. Suara ini timbul karena mesin terlalu panas dan mempengaruhi sistem pembakaran.

Apabila pembakaran berjalan lebih cepat, akan menimbulkan suara knocking pada mesin. Jangan sampai Anda membiarkannya, sebab hal tersebut bisa memicu overheat hingga mogok.

Anda tentu tahu bahwa mogok mendadak ketika berada di jalan raya bisa memicu kecelakaan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami ciri air radiator mobil habis dengan baik agar dapat meminimalisirnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker