Ali Ibrahim Harap Mahasiswa MBKM Dapat Kembangkan Potensi Wisata di Pulau Maitara

Abadikini.com, TIDORE – Terima Mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Fakultas Pertanian Universitas Khairun Ternate di Desa Maitara, Senin (12/9/2022) Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim berharap, mahasiswa MBKM dapat mengembangkan potensi wisata di Pulau Maitara.

22 orang Mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas Khairun Ternate ini, akan menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) selama 1 semester, atau terhitung sekitar 5 bulan di Desa Maitara, yang dimulai dari tanggal 10 September 2022 sampai dengan 5 Januari 2023.

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, sebagai Kepala Daerah, ia menyambut baik program MBKM di Desa Maitara, dengan adanya program ini, ia berharap mahasiswa MBKM dapat berbagi ilmu tentang Pertanian kepada Pemuda, Pelajar serta Masyarakat di Pulau Maitara.

“Sebagai Kepala Daerah, saya menyambut baik program MBKM di Pulau Maitara, mudah-mudahan dengan jangka waktu 5 bulan ini, Adik-Adik Mahasiswa dapat berbagi ilmu tentang pertanian kepada pemuda, pelajar serta masyarakat di Pulau Maitara, agar besok-besok, orang Maitara tidak perlu menyebrang laut hanya untuk membeli tomat, bila perlu orang dari luar yang datang membeli tomat di Maitara,” tutur Ali Ibrahim.

Lebih lanjut, Ali Ibrahim mengatakan, Pulau Maitara memiliki potensi wisata yang sangat besar, olehnya itu ia berharap, Mahasiswa MBKM dapat membantu mengembangkan potensi wisata yang ada di Pulau Maitara, agar kedepannya wisatawan datang tidak hanya sekedar menikmati pemandangan alam saja, tetapi ada potensi wisata lainnya.

“Pulau Maitara ini memiliki potensi yang sangat besar, jadi saya berharap, Mahasiswa MBKM bersama masyarakat sama-sama mengembangkan potensi wisata yang ada di Pulau Maitara, supaya kedepannya wisatawan tidak hanya menikmati pemandangan alam saja, namun ada potensi wisata lainnya juga,” Imbuh Ali Ibrahim.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Lily Ishak, dalam sambutan pengantarnya, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, serta Pemerintah Desa Maitara, karena telah menerima dengan baik masuknya program MBKM dari Fakultas Pertanian, Universitas Khairun Ternate.

“Terima kasih Bapak Wali Kota Tidore Kepulauan beserta jajaran, serta Bapak Kepala Desa Maitara yang telah menerima anak-anak kami untuk melakukan program MBKM di Desa Maitara selama 5 bulan,” Kata Lily

Lily menambahkan, tujuan MBKM Fakultas Pertanian dilakukan di Desa Maitara yaitu, yang pertama, untuk mendukung ketahanan pangan lokal, dengan mengoptimalkan lahan yang telah tersedia di Pulau Maitara, yang kedua, untuk membantu masyarakat mengembangkan UMKM, khususnya Ibu-Ibu rumah tangga, dengan mengolah potensi lokal yang ada di Maitara, sebagai upaya untuk mendukung wisata eksotik di Pulau Maitara.

“Karena hanya mengandalkan view laut saja, tidak¬† berkelanjutan atau unsustainable, kita perlu menanamkan nilai lokal di dalamnya, dengan mengolah potensi lokal yang ada disini. Tujuan ke tiga, yaitu sampah, kami juga ingin mengajarkan pengolahan berbagai limbah bagi karang taruna dan pemuda yang ada disini, olehnya itu, kami memohon dukungan dari Bapak Wali Kota Tidore Kepulauan,” Ucap Lily

Acara tersebut diakhiri dengan penyerahan secara simbolis mahasiswa MBKM Fakultas Pertanian Universitas Khairun Ternate dari Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim kepada Kepala Desa Maitara Safrisal Ibrahim. Turut hadir dalam acara ini, Kepala Dinas PMD, Abd. Rasyid, Kepala Dinas Sosial, Umar Zen, Kepala Dinas P2KBP3A Abd. Rasyid, mewakili Kepala Dinas Pertanian, Camat Tidore Utara serta 4 Kapala Desa se Pulau Maitara.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker