Rumah Quran Maluku Utara Gelar Seminar Peradaban Islam di Dhuafa Center Ternate

Abadikini.com, TERNATE – “Tantangan yang dihadapi ummat manusia dewasa ini adalah kemajuan global yang moderen, dipenuhi kebebasan menggunakan media sosial, yang terkesan jauh dari nilai etika dan akhlakul karimah. Persoalan ini menjadi ancaman serius atas keberlangsungan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan Pancasila dan nilai-nilai Islam, Oleh karena itu Seminar Internasional Peradaban Islam ini dapat menjadi solusi dalam menjawab tantangan dimaksud” Demikian yang disampaikan oleh Walikota Tidore Kepulauan selalu Ketua Dewan Pembina Rumah Quran Maluku Utara pada acara Pembukaan Seminar Peradaban Islam dan Launching Quran mutqin Pangaji di Dhuafa Center Ternate, Sabtu (10/09).

Lebih lanjut Ali Ibrahim berpesan bahwa dalam menjawab tantangan tersebut agar terus menanamkan pentingnya membangun peradaban Islam dan penerapan nilai-nilai Al Qur’an dalam dinamika kehidupanan berkebangsaan di Indonesia serta memperkuat daya saing intelektual yang berperadaban Islam dalam bingkai kehidupan modern. Mengakhiri sambutan tersebut Ali Ibrahim berharap agar seminar ini dapat menjadi media dialog dan kajian ilmu, dalam menggali pentingnya membangun tradisi kehidupan yang berlatar peradaban Islam, sebagaimana pernah diajarkan oleh para leluhur, Para Sultan dan Aulia di Negeri Maluku Kie Raha ini.

Sementara itu Walikota Ternate, M. Tauhid Soleman selaku Ketua dewan Pembina dan Penasehat Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate dalam sambutannya menyampaikan bahwa Seminar Peradaban Islam yang dilakukan hari ini adalah Seminar pertama di Maluku Utara yang menfokuskan pada Al-Quran. Seminar semacam ini diharapkan mampu memotivasi daerah lain di Maluku Utara untuk menggelar kegiatan yang sama agar dapat menumbuhkembangkan generasi pemcinta Quran di Maluku Utara.

Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba, Lc dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang turut mensukseskan acara tersebut dan selanjutnya didaulat untuk  membuka acara Seminar Internasional Peradaban Islam sekaligus  melaunching Quran Mutqin Pangaji atau Quran hafalan Juz 30 yang dilanjutkan dengan penyerahan Quran Mutqin Pangaji kepada walikota Tidore Kepulauan dan Walikota Ternate.

Selanjutnya Laode ILman, Lc, M.Pd selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa kegiatan  Seminar Peradaban Islam dan Launching Quran mutqin Pangaji adalah hasil kerjasama antara Pemerintah Daerah kota Ternate, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dan Pondok Pesantren Hidayatullah kota Ternate. Acara yang dipusatkan di gedung Dhuafa Center Ternate dan dilaksanakan satu hari tersebut selain diikuti oleh para Santri, Pengajar Ponpes hidayatullah dan para wali santri, serta Majelis Ta’lim Kota Ternate juga diikiti oleh mahasiswa asal Maluku Utara yang saat ini kuliah di Yaman dan Madinah secara virtual dengan menghadirkan Narasumber diantaranya Walikota ternate, M. Taufik Soleman, Sultan Tidore H. Husain Syah, Al Hafidz Baharun Masaddad,Lc  Pemegang Sanad Qira’ah Sab’ah dan Hafalan, Alumni Universitas Islam Madinah,Syekh Sameh Ali Salah Hatem, Pengajar Al-Quran Bersanad dari Hadratul Maut Yaman, H. Hidayatusalam Sehan, Jo Qalem Kesultanan Ternate, Abdul Azis Qahhar Mudzakkar, Da’I dan Pemerhati Al-Quran Nasional.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker