Pangeran Charles Jadi Raja Usai Ratu Elizabeth II Mangkat

Abadikini.com, LONDON – Wafatnya Ratu Elizabeth II membuat putra sulungnya, Pangeran Charles menjadi Raja Charles III.  Raja Charles mempunyai tugas berat untuk menggantikan Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara Inggris Raya dan negara-negara Persemakmuran.

Seperti diketahui, Ratu Elizabeth II, pemimpin terlama dalam sejarah Inggris, meninggal dunia pada usia 96 tahun, Kamis (8/9/2022).

Dengan berpulangnya Ratu Elizabeth, Pangeran Charles yang merupakan pewaris takhta sejak usia tiga tahun, sekarang menjadi raja, dan Duchess of Cornwall sekarang menjadi Permaisuri.

Dalam sebuah pernyataan, Istana Buckingham mengatakan, “Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok.”

Kini, Raja Charles pun mempunyai tugas berat untuk menggantikan posisi Ratu Elizabeth II. Apalagi, sang raja dikenal sering mengeluarkan komentar yang menimbulkan masalah di publik.

Terkait hal ini, koresponden Kompas TV di London, Anton Alifandi, menilai Raja Charles dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang harus bisa dia atasi ke depannya.

“Secara prosedural, mungkin tidak akan terlalu berbeda ketika Raja George VI digantikan oleh putrinya (Ratu Elizabeth II). Tetapi secara substansial, zamannya sudah berubah ya,” kata Anton dalam Breaking News Kompas TV, Jumat (9/9/2022) dini hari.

“Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II hampir tidak pernah berkomentar tentang masalah politik, masalah-masalah yang bisa ditafsirkan sebagai mengomentari masalah berpolitik.”

“Sementara Pangeran Charles, sebelum beliau menjadi raja seperti sekarang ini, adalah orang yang sangat vokal dalam hal lingkungan, arsitektur dan sebagainya. Itu yang harus kita lihat nanti apakah Raja Charles akan tetap begitu atau tidak,” tuturnya.

Naik tahtanya Pangeran Charles akan mengubah urutan suksesi monarki Inggris. Seperti dikutip dari The Associated Press, berikut adalah urutan suksesi monarki Inggris setelah Charles naik tahta sebagai Raja Inggris:

1. Pangeran William, putra tertua Charles dan mendiang Putri Diana. Dia menikah dengan Kate, Duchess of Cambridge. Ketiga anak mereka mengikutinya dalam garis suksesi.
2. Pangeran George dari Cambridge, lahir pada Juli 2013.
3. Putri Charlotte dari Cambridge, lahir pada Mei 2015.
4. Pangeran Louis dari Cambridge, lahir pada April 2018.
5. Pangeran Harry, putra bungsu Charles dan Diana.
6. Archie Mountbatten-Windsor, lahir dari pasangan Harry dan Meghan, Duchess of Sussex, pada Mei 2019.
7. Lilibet Mountbatten-Windsor, lahir pada Juni 2021.
8. Pangeran Andrew, Ratu Elizabeth II dan putra sulung kedua Pangeran Philip.
9. Putri Beatrice, putri sulung Andrew dan mantan istrinya, Sarah Ferguson.

10. Sienna Elizabeth, putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi, lahir pada September 2021.
11. Putri Eugenie, putri bungsu Andrew dan Ferguson.
12. August Brooksbank, lahir dari pasangan Eugenie dan James Brooksbank pada Februari 2021.
13. Pangeran Edward, anak bungsu Ratu Elisabeth II dan Pangeran Philip.
14. James, Viscount Severn, anak bungsu Edward dan istrinya Sophie, Countess of Wessex.
15. Lady Louise Mountbatten-Windsor, putri Edward dan Sophie.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker