Pengamat Ini Nilai Safari Puan Maharani ke Prabowo Bisa Ubah Peta Konfigurasi Pilpres 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI), Ali Rif’an menilai Safari politik Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang akan mengubah peta konfigurasi politik pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Menurut Ali Rif’an, sebagai partai pemenang Pemilu, PDIP memiliki pengaruh politik yang sangat kuat. Safari Puan Maharani bisa diartikan sebagai upaya loby yang mempengaruhi partai lain.

“Sebenarnya ini kejutan, bagi sebagian orang menyampaikan bahwa sikap PDIP di last minute dan ternyata PDIP mengawali dengan safari,” demikian analisa mantan Manajer Riset Poltracking Indonesia ini, seperti dikutip dasri, RMOL, Kamis (8/9/2022).

Lanjut Ali Rif’an mejelaskan, antara Prabowo Subianto dan Megawati memiliki hubungan politik yang baik. Tidak hanya memiliki chemistry, PDIP dan Gerindra sebelumnya telah memiliki sejarah melakukan kerja sama politik.

Untuk itu kata dia, wajar saja apabila nantinya Gerindra, PKB dan PDIP berujung pada membangun koalisi bersama di Pilpres 2024 mendatang.

“Karena antara PDIP dan Gerindra memiliki senyawa yang sama, termasuk hubungan Prabowo dan Megawati dekat,” jelas Ali Rif’an.

Selain itu, Mahasiswa Doktoral Ilmu Politik Universitas Indonesia ini berpendapat, sebelum resmi mendaftar ke KPU RI, peta koalisi Pilpres masih akan cair.

Ia meyakini, berbagai upaya bangunan koalisi seperti Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan juga Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) masih masuk kategori penjajakan politik.

“Koalisi terbentuk saat daftar ke kPU. Kalau bicara koalisi masih dalam penjajakan, meski KIR dan KIB tapi itu masih bisa berubah kalau membaca terminologi politik,” jelas Ali Rif’an.

Ali Rif’an menambahkan, seluruh sosok yang digadang layak diusung jadi calon presiden di tahun 2024 mendatang masih belum memiliki elektabilitas yang menjanjikan.

“Karena 2024 tidak ada incumbent jadi peta sangat cair, dalam data survei belum ada calon yang dominan,” beber Ali Rif’an.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker