Bupati Mimika Akan Jalani Pemeriksaan KPK Usai Tiba di Jakarta

Abadikini.com, JAKARTA – Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri menyampaikan bahwa Bupati Mimika Eltinus Omaleng akan menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK saat tiba di Jakarta.

“Pagi ini, Bupati Mimika dibawa dari Jayapura, Papua, menuju Gedung Merah Putih KPK. Selanjutnya, akan menjalani pemeriksaan,” kata Ali, seperti dikutip dari Antara, Kamis (8/9/2022).

Setelah itu, tambah dia, perkembangan mengenai kasus dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi di Mile 32 di Kabupaten Mimika, Papua, yang menjerat Eltinus itu akan segera disampaikan oleh KPK kepada publik.

Ali menyampaikan bahwa sebelumnya KPK telah menangkap paksa Eltinus karena yang bersangkutan dinilai tidak kooperatif selama penyidikan perkara dilaksanakan. KPK, ujar Ali, telah berkirim surat panggilan terhadap Eltinus pada tanggal tanggal 10 dan 17 Juni 2022, namun dia tidak kunjung hadir.

Oleh karena itu pada Rabu (7/9), Bupati Mimika Eltinus Omaleng ditangkap KPK di salah satu hotel di kawasan ruko Jayapura dan langsung dibawa ke Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja, Jayapura.

Pada Kamis pagi ini, Tim penyidik KPK menerbangkan Bupati Mimika Eltinus Omaleng ke Jakarta dengan menggunakan pesawat komersial.

Eltinus ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait kasus dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi di Mile 32 di Kabupaten Mimika dengan sangkaan Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Terkait dengan penetapan dirinya sebagai tersangka, pada Rabu (20/7), Eltinus menggugat KPK ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena mempermasalahkan penetapan status tersangka tersebut.

Namun pada Kamis (25/8), Hakim Tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Iman Santosa menolak permohonan praperadilan yang diajukan Eltinus. KPK mengapresiasi putusan tersebut.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker