7 Manfaat Olahraga Voly,Efektif Turunkan Berat Badan!

Sama seperti olahraga pada umumnya, olahraga voly juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh maupun mental. Olahraga voly merupakan olahraga yang mengandalkan kelincahan dan kekuatan lengan, sehingga bermain voly dipercaya dapat membantu menguatkan otot dan persendian.

Bukan hanya itu, salah satu jenis permainan bola ini juga dapat meningkatkan kerja sama tim untuk meraih kemenangan. Bermain voly bisa menjadi aktivitas fisik yang menyehatkan untuk kamu coba bersama teman-teman maupun keluarga. Berikut adalah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan olahraga voly.

Memperkuat Otot dan Persendian

Sumber: id.pinterest.com

Aktivitas fisik satu ini bisa membantu memperkuat lengan, bahu, serta kaki bagian bawah. Pasalnya, olahraga voly melibatkan banyak gerakan pada anggota tubuh seperti otot paha, betis, pinggul, bokong, lengan atas, hingga otot punggung.

Selain menguatkan otot-otot tersebut, gerakan permainan voly juga bisa memperkuat persendian sebab terus dilatih untuk melakukan gerakan memukul, berlari dan lompat. Jika persendian kuat, maka kamu bisa terhindar dari resiko cedera ketika melakukan olahraga dan aktivitas harian.

Meningkatkan Konsentrasi

Dalam olahraga voly, pemain dituntut untuk terus berkonsentrasi dengan memperhatikan pergerakan bola dan pergerakan lawan agar strategi permainan berjalan dengan baik.

Maka tidak heran, jika aktivitas fisik ini termasuk olahraga yang mampu mengasah konsentrasi dan menjaganya supaya tetap fokus. Tentunya hal ini juga bisa berpengaruh pada pekerjaan dan kegiatan lain yang kamu lakukan sehari-hari.

Efektif Menurunkan Berat Badan

Olahraga voly adalah salah satu jenis olahraga kardio aerobik yang dapat meningkatkan detak jantung. Hal ini membuat sel membakar lebih banyak lemak selama olahraga dan ketika istirahat.

Oleh karena itu, latihan kardio sering dipilih untuk membantu menurunkan berat badan sebab aktivitasnya yang efektif membakar lemak. Semakin tinggi intensitas kardio yang dilakukan, semakin besar kalori yang terbakar.

Mempercepat Metabolisme Tubuh

Manfaat selanjutnya yang bisa didapat dari olahraga voly yaitu mempercepat metabolisme tubuh. Dengan olahraga teratur, metabolisme tubuhmu akan lebih lancar. Tubuh pun jadi lebih efektif dalam membakar energi dan menyerap zat gizi bermanfaat. Percepatan metabolisme juga dapat mencegah penumpukkan lemak berlebih pada organ vital dan otot.

Melatih Keseimbangan Tubuh

Olahraga bola voly menuntut keterampilan teknis dan fisik pada seorang pemain karena permainannya yang cukup cepat dan dinamis. Selama melakukan permainan voly, pemain harus melakukan operan, servis, menyerang dan bertahan memblokir bola. Keterampilan tersebut dapat melatih keseimbangan, kecepatan tubuh, kelenturan, dan kekuatan tubuh.

Untuk performa yang optimal di lapangan, tentunya harus dilengkapi dengan sepatu voly berkualitas yang nyaman di kaki. Kamu bisa menemukan perlengkapan olahraga terbaik dengan penawaran harga termurah di marketplace Shopee!

Menjaga Kesehatan Paru-paru

Melakukan permainan voly secara rutin bisa menjaga metabolisme tubuh dengan baik sehingga dapat menjaga kesehatan organ, terutama paru-paru. Selama permainan, kamu harus mengatur ritme pernapasan dengan baik, yang membuat permainan bola voly ini bermanfaat baik bagi kesehatan paru-paru.

 Mencegah Stres

Olahraga voly dipercaya dapat meningkatkan suasana hati. Karena, selama bermain voly tubuh melepaskan hormon endorfin. Hormon ini merupakan zat kimia alami yang diproduksi oleh sistem saraf tubuh untuk mengatasi stres atau rasa sakit.

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan olahraga teratur sebagai terapi untuk mengobati stres, depresi dan gejala kecemasan ringan. Salah satunya yaitu olahraga voly.

Setelah mengetahui manfaat baik olahraga voly, apakah kamu tertarik mencoba aktivitas fisik ini? Kalau iya, lakukan secara rutin dan konsisten bersamaan dengan gaya hidup yang sehat. Sehingga manfaat bermain voly bisa dirasakan lebih optimal. Sebelum melakukan olahraga voly, sebaiknya lengkapi dulu perlengkapan olahraga kamu dengan membelinya di Shopee.

Banyak perlengkapan olahraga yang bisa kamu temukan di Shopee, mulai dari sepatu voly, raket tenis meja, dan lain sebagainya. Terlebih lagi, kamu bisa menikmati banyak promo spesial pada Shopee Jumbo Cashback yang berlangsung mulai tanggal 18 Agustus sampai 9 September 2022. Dapatkan berbagai promo menariknya seperti promo Gratis Ongkir, Cashback 39RB, Cashback 159RB, dan Cashback s/d 4JT. Dengan promo-promo tersebut, kamu bisa mendapatkan penawaran harga termurah saat belanja di Shopee.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker