Pakistan Sebut China Sebagai Teman Sejati

Abadikini.com, JAKARTA – China akan kembali mengirimkan bantuan sebesar 300 juta yuan atau setara dengan Rp 640 miliar untuk Pakistan yang masih dilanda banjir dahsyat, dengan korban jiwa mencapai 1.290 orang.

Komitmen itu disampaikan oleh Ketua Badan Kerjasama Pembangunan Internasional China (CIDCA) Luo Zhaohui ketika melakukan konferensi video dengan Ketua Otoritas Manajemen Bencana Nasional Pakistan (NDMA) Akhtar Nawaz pada Sabtu (3/9).

Luo mengatakan bahwa China benar-benar berempati dengan Pakistan, yang menderita banjir terparahnya dalam beberapa dekade.

Ia juga meminta agar Pakistan membuat daftar apa yang paling mereka butuhkan saat ini, agar kebutuhan tersebut dapat sesegera mungkin sampai ke tangan orang-orang yang membutuhkan.

Lebih lanjut, Luo mengatakan Beijing tidak akan lupa dengan kebaikan Pakistan yang pernah menyumbangkan semua tenda daruratnya ke China dalam gempa Wenchuan, yang menewaskan sedikitnya 69.000 orang di Provinsi Sichuan, China Barat Daya pada 2008 silam.

Atas seluruh bantuan yang diberikan ini, Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengungkapkan rasa terima kasih yang tinggi atas paket bantuan China sebesar 400 juta yuan, yang naik dari 100 juta yuan.

“Ini adalah cerminan dari ikatan persahabatan kami yang unik. Dukungan ini akan membantu memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan kepada orang-orang,” tulis Shehbaz dalam akun Twitter-nya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Akhtar.

“Teman yang membantu kita saat kesusahan adalah teman sejati,” ujar Akhtar, dikutip dari RMOL.

Pekan lalu, China telah mengirimkan bantuan sebesar 100 juta yuan dan 3.000 tenda ke Pakistan yang dikirim melalui pesawat militer. Selain itu 200 ton bawang juga akan dikirimkan oleh China, diperkirakan dalam waktu seminggu bantuan tersebut akan tiba di sana.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker